10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat

Bisul adalah penyakit kulit berupa benjolan pada kulit yang berisi darah dan nanah, sehingga menimbulkan nyeri. Bisul diawali dengan perubahan warna pada kulit menjadi kemerahan, semakin lama ukuran benjolan bertambah besar dan timbul nanah di dalamnya. Penderita bisul tentunya merasakan sakit yang luar biasa.


10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat
Penyebab Bisul

Gangguan pada kulit yang juga disebut furunkel ini disebabkan infeksi oleh bakteri staphylococcus aureus. Letak bisul tergantung pada folikel rambut, dimana bakteri hinggap. Luka pada kulit akan lebih memungkinkan bagi bakteri untuk masuk sehingga kelenjar minyak terinfeksi.

Penyakit kulit ini tidak disebabkan oleh kebanyakan makan telur. Lingkungan yang kurang bersih, dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit. Apalagi anak-anak yang suka bermain dengan tanah kotor.

Penyebab lain adalah kebiasaan menggaruk kulit ketika tubuh berkeringat. Bisul termasuk penyakit menular, salah satunya lewat garukan tangan. Orang dengan daya tahan tubuh yang rendah, lebih berisiko terdapat penyakit kulit ini.


10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat


Bisul pada pasien diabetes harus diobati oleh dokter atau perawat di rumah sakit. Sedangkan untuk non-diabeteser dapat menggunakan cara alami untuk mengobati bisul seperti berikut ini:

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung banyak senyawa penting seperti minyak atsiri yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Untuk mengobati bisul, tempelkan irisan bawang putih pada kulit yang bermasalah kemudian balut menggunakan kasa.

2. Daun Cabe

Selain bermanfaat untuk mengobati rematik, cabe juga dapat digunakan untuk mengobati bisul. Daun cabe mampu melawan infeksi kulit oleh bakteri. Panggang daun cabai dengan api kecil sampai layu. Tumbuk daunnya, tambahkan minyak sayur kemudian oleskan pada bisul.

3. Jinten Hitam


Jintan hitam memiliki sekitar 100 senyawa kimia. Jinten hitam efektif dalam mengobati infeksi kulit, termasuk bisul. Untuk meredakan nyeri akibat bisul, tumbuk jinten sampai berubah menjadi pasta lalu oleskan pada kulit.

4. Daun Asam jawa

Untuk menyembuhkan bisul dengan cepat, tumbuk daun asam jawa dan kunyit. Balurkan pada kulit yang timbul bisul, lalu balut dengan kain kasa.

5. Bunga Matahari

Panaskan bunga matahari di atas genteng tanpa minyak (disangrai), kemudian tumbuk sampai halus. Tuangkan sedikit minyak wijen dan aduk sampai merata. Terapkan krim alami ini pada permukaan bisul.

6. Garam

Penyakit bisulan juga dapat diobati dengan garam. Campur garam bersama daun bandotan dan nasi basi, tumbuk hingga lumat kemudian terapkan pada bisul.

7. Krokot

Obat tradisional untuk bisulan selanjutnya adalah krokot. Seduh krokot kering bersama segelas air panas, minum airnya setelah dingin.

8. Daun bayam duri

Supaya bisul sembuh dengan cepat, tempelkan daun bayam duri yang sudah ditumbuk kemudian balut dengan perban.

9. Daun Belimbing manis

Air bekas cucian beras yang dipadu dengan daun belimbing dapat dijadikan sebagai obat bisul. Tuangkan air beras ke dalam wadah berisi daun belimbing manis yang telah ditumbuk. Aplikasikan ramuan ini pada area kulit yang bermasalah.

10. Tanaman jombang

Tumbuk daun jombang sampai lumat, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Minum sari dari daun jombang untuk mempercepat bisul sembuh.


Cara Mencegah Bisul



  • Jangan memencet benjolan. Jika bisul ditekan, maka bakteri akan menyebar di bagian kulit yang lain.
  • Jangan menunggu bisul matang, karena kerusakan jaringan kulit akan semakin parah bahkan menimbulkan rongga pada kulit.
  • Gunakan air hangat untuk mengompres. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi nyeri sekaligus mempercepat proses penyembuhan.
  • Untuk mencegah infeksi kulit, gunakan sabun cair yang memiliki zat anti-bakteri. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah penularan.

Itulah 10 Cara Alami Untuk Mengobati Bisul Dengan Cepat. Simak juga: 8 Cara Mengobati Panu Dengan Bahan Alami.Jagalah kebersihan tubuh dan lingkungan, untuk mencegah infeksi. Perbanyak asupan makanan yang dapat menguatkan kekebalan tubuh, karena bisul lebih mudah menyerang ketika daya tahan tubuh sedang lemah.

foto ilustrasi via dermmedica.ca

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Alami Mengobati Bisul Dengan Cepat"

Posting Komentar