8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik

Penyakit rematik adalah salah satu gangguan autoimun yang menyebabkan radang sendi. Penyakit ini terjadi akibat kesalahan pada sistem imunitas, sehingga bukan bakteri atau virus yang dilawan tetapi jaringan tubuh. Gangguan yang mirip dengan rematik seperti osteoartritis, sindrom sjogren, lupus, dan banyak lagi.


8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik
Kegagalan pada sistem kekebalan berakibat serangan terhadap selaput sinovium yang melapisi sendi. Efek dari penyakit rematik adalah sendi mengalami bengkak, nyeri, dan rusak. Bahkan rematik parah dapat mengakibatkan sendi kehilangan fungsi dan cacat.

Bagian sendi yang sering mengalami masalah termasuk lutut, pergelangan tangan, jari, dan kaki. Rematik biasanya memiliki pola serangan yang simetris pada kedua sisi tubuh. Tidak hanya menyerang orang tua, penyakit ini dapat dialami oleh orang muda.

Penyebab rematik adalah gaya hidup tidak sehat, yang berlangsung dalam masa tertentu. Pola makan yang salah dan kebiasaan buruk dapat memicu gangguan kesehatan ini. Untuk mengobati penyakit rematik, cobalah untuk menggunakan bahan alami seperti di bawah ini:


8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik


1. Brotowali

Pengobatan terhadap rematik secara alami menggunakan brotowoli, dengan merebus 15 batang tanaman ini bersama tiga gelas air. Usahakan menggunakan kuali tanah. hingga mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa 1 ½ gelas. Minum airnya sebelum makan. Jadi, tiga kali dalam sehari.

2. Daun Seledri

Selain dapat digunakan untuk cuci ginjal dengan alami dan murah, seledri efektif dalam menyembuhkan rematik. Caranya dengan menambahkan daun seledri ke dalam masakan, atau makan secara langsung sebagai lalapan.

3. Akar dan Daun Pepaya


Tanaman yang dimaksud adalah pepaya gantung atau pepaya jantan. Cara membuatnya dengan menumbuk kedua bahan sampai lumat, kemudian aduk bersama tiga gelas air matang. Saring dan minum airnya saat sore hari.

Cara lain dengan menambahkan lengkuas. Tumbuk, kemudian rebus ke dalam air selama beberapa menit. Tambahkan gula aren ketika minum airnya.

4. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki efek kemoterapi, sehingga menghangatkan tubuh Anda. Untuk mengobati rematik, rebus daun sirsak yang berwarna hijau tua hingga mendidih. Minum airnya ketika dingin, secara teratur selama dua minggu.

5. Cengkeh

Obat tradisional untuk penyakit rematik berikutnya adalah cengkeh. Tumbuk cengkeh dan jahe pada takaran yang sama. Balurkan pada sendi yang terasa nyeri akibat rematik.

6. Jahe

Senyawa aktif dalam jahe cukup efektif untuk mengatasi rematik secara tradisional. Remukkan 2 rimpang jahe, rebus dengan segelas air. Tambahkan madu untuk minum airnya.

7. Kulit manggis

Senyawa aktif dalam kulit manggis mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengobati rematik. Cara membuat ramuan dengan menjemur kulit manggis sampai benar-benar kering. Seduh bersama air panas, minum setelah warna airnya berubah.

8. Mengkonsumsi Singkong

Mungkin mengejutkan jika singkong ternyata mampu mengobati rematik. Ganti nasi sebagai makanan pokok, dengan singkong untuk menu harian Anda. Dengan cara ini akan menyembuhkan penyakit secara berangsur-angsur.


Cara Mencegah Penyakit Rematik



  • Olahraga dengan teratur.
  • Cobalah berjalan kaki melewati kerikil.
  • Perbanyak makan buah dan sayuran.
  • Kurangi kebiasaan begadang.
  • Jalani gaya hidup sehat dengan pola makan yang benar dan hindari kebiasaan buruk.

Terapi Untuk Mengobati Rematik



  • Mandi menggunakan air panas untuk mengurangi nyeri sendi.
  • Terapi fisik dengan stimulasi listrik untuk mengurangi inflamasi dan bengkak akibat rematik.
  • Penggunaan minyak ikan untuk mengurangi nyeri dan peradangan, memiliki efek yang mirip dengan obat anti-inflamasi seperti naproxen dan ibuprofen.
  • Akupunktur untuk merangsang tubuh melepaskan hormon endorfin, sehingga mengurangi rasa sakit.

Itulah beberapa cara mengobati rematik dan tips untuk mencegah penyakit ini. Silahkan coba menggunakan salah satu bahan alami di atas. Jika gangguan pada persendian tidak segera hilang, konsultasi dengan dokter.

ilustrasi foto via healthtap.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Cara Tradisional Untuk Mengobati Rematik"

Posting Komentar