8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami

Vertigo merupakan sakit kepala dimana penderita mengalami gangguan pada sistem vestibular, sehingga timbul sensasi seperti melayang atau berputar. Gejala vertigo yang paling umum seperti pusing, merasa mual, kelelahan, tubuh kehilangan keseimbangan, bahkan pingsan.


8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami
Ketika vertigo menyerang, tubuh akan merasa lemas, tidak sanggup untuk berdiri, dan kepala merasakan pusing selama beberapa jam. Gejala vertigo lainnya termasuk telinga berdenging, dan gerakan mata yang tidak normal.

Kali ini kita akan bahas cara mencegah dan meredakan penyakit vertigo secara alami, tanpa menggunakan obat-obatan kimia.

Penyebab Penyakit Vertigo

- Penyakit Meniere

Penyakit meniere disebabkan oleh volume endolimfe meningkat, sehingga dapat memicu kenaikan jumlah cairan di dalam telinga. Ketika jumlah cairan di telinga terlalu banyak, maka akan menimbulkan gangguan keseimbangan tubuh dan vertigo.

- Mabuk Kendaraan

Perjalanan jauh bagi sebagian orang dapat berakibat mabuk darat, udara, ataupun laut. Kondisi ini dapat memicu timbulnya vertigo.

- Infeksi

Infeksi dapat memengaruhi kinerja telinga, yang pada akhirnya mengganggu keseimbangan tubuh. Masalah ini juga dapat menyebabkan vertigo.

- Gangguan telinga

Penyebab vertigo lainnya adalah adanya masalah pada telinga bagian dalam.

- Penyakit yang menyerang syaraf pusat

Vertigo dapat timbul sebagai akibat gangguan pada syaraf seperti penyakit stroke, ataupun tumor.

- Migrain

Sakit kepala sebelah yang berlangsung dalam periode lama dapat berakibat vertigo.

- Kesalahan posisi tidur

Meletakkan bantal terlalu tinggi ketika tidur dapat memicu risiko vertigo.

- Gangguan penglihatan

Gangguan pada mata seperti minus maupun plus juga sering mengakibatkan vertigo.


8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami


Penyembuhan terhadap gejala vertigo harus didasarkan pada akar penyebabnya. Masalah ini harus dibicarakan dengan dokter spesialis, agar mendapatkan solusi yang terbaik. Sedangkan cara meredakan penyakit vertigo secara alami dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati gejala vertigo:

1. Lada dan Lemon


Tambahkan lada ke dalam jus lemon hangat. Minum jus buah ini untuk meredakan sakit kepala akibat serangan vertigo.

2. Amla

Mual dan muntah akibat gejala vertigo dapat diredakan dengan jus amla. Tambahkan jus amla ke dalam menu harian Anda, untuk mengatasi mual.

3. Seledri

Rasa letih dan pusing karena vertigo, dapat diatasi dengan menggunakan jus seledri. Selain mengatasi gejala vertigo, mengkonsumsi seledri dapat berguna untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

4. Minyak Wijen

Bahan alami selanjutnya yang dapat meredakan gejala vertigo adalah minyak wijen. Campur bubuk kapulaga dengan minyak wijen, tempelkan pada kepala. Cara alami ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otak, sehingga mengobati sakit kepala.

5. Jahe

Jahe efektif dalam meningkatkan sirkulasi darah di otak sehingga mengobati gejala vertigo seperti pusing dan penglihatan berputar.

6. Ginko Biloba

Tanaman Ginko Biloba mampu melancarkan sirkulasi darah pada telinga tengah, sehingga menjaga keseimbangan tubuh. Vertigo yang sering menimbulkan mual dan pusing, dapat diredakan dengan mengkonsumsi ginko biloba.

7. Perbanyak minum air

Dengan minum air dalam jumlah cukup, dapat mencegah rasa mual, pusing, dan letih yang sering terjadi sebagai akibat vertigo.

8. Almond

Kacang Almond mengandung jumlah tinggi dari vitamin, asam lemak esensial, dan mineral. Nutrisi yang terdapat di dalam almond baik untuk mengobati sakit kepala dan kelelahan karena vertigo. Tambahkan bubuk almond bersama segelas susu hangat, kemudian minum di pagi hari.


Tips Mengatasi Serangan Vertigo


Fokus ke sebuah titik

Arahkan pandangan mata ke sebuah objek selama sekitar 5 menit, untuk mencegah pingsan karena keseimbangan tubuh yang hilang sebab vertigo.

Pilih posisi duduk

Ketika serangan vertigo datang, jangan memaksakan tubuh untuk berdiri. Segera ambil posisi duduk atau berbaring untuk mencegah pingsan, akibat sensasi berputar. Ketika tubuh berbaring, angkat kaki Anda sehingga lebih tinggi dari kepala. Tindakan ini bertujuan untuk melancarkan sirkulasi darah di otak.

Itulah 8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami. Konsultasi dengan ahli medis, jika penyakit berlanjut menjadi lebih serius.

ilustrasi foto via drkevinutberg.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami"

Posting Komentar