9 Manfaat Markisa Bagi Kecantikan Juga Kesehatan

Buah markisa dilengkapi dengan berbagai nutrisi sehingga baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Markisa sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan produk kecantikan. Dengan bentuk buah yang bulat dan biji yang diselimuti oleh selaput unik berwarna kuning ini, markisa menyimpan khasiat yang menakjubkan dan cocok untuk Anda yang menyukai cara natural untuk mencegah penyakit berbahaya.


9 Manfaat Markisa Bagi Kecantikan Juga Kesehatan
Manfaat kesehatan di balik cantiknya buah ini termasuk mengobati kanker dan darah tinggi. Ekstrak biji markisa kini telah digunakan untuk produk kecantikan dan kesehatan.

Rasanya yang nikmat dan unik, menjadikan markisa sebagai pilihan tepat untuk pembuatan sirup dan minuman kemasan. Di bawah ini manfaat markisa selengkapnya:

Kandungan gizi buah markisa

Buah ini dilengkapi dengan vitamin C, asam nitrat, kalsium, karoten, niasin, fosfor, dan zat besi. Markisa juga diperkaya dengan protein dan serat, dan karotenoid yang bervariasi seperti lycopene, alpha karoten, dan banyak lagi.


9 Manfaat Markisa Bagi Kecantikan Juga Kesehatan


1. Menurunkan berat tubuh


Dengan rutin minum jus markisa dapat menjaga berat badan, disebabkan rendahnya kalori, natrium dan lemak.

2. Baik untuk kulit dan mata

Buah markisa kaya akan vitamin A yang berguna untuk mencegah degenerasi makula, katarak, dan kebutaan. Vitamin A juga ampuh untuk mencegah penuaan dini. Vitamin A juga berperan untuk memberikan kelembaban bagi kulit sehingga kulit menjadi berkilau.

3. Menurunkan tekanan darah

Kalium dalam jumlah tinggi yang terdapat di dalam markisa, berfungsi sebagai vasodilator. Sehingga melancarkan sirkulasi darah, mengendurkan ketegangan pembuluh darah, dan menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Bagi penderita darah tinggi, buah ini aman dikonsumsi. Zat besi dan tembaga sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Kedua mineral penting yang terdapat di dalam markisa. Penting: Daftar Makanan Penurun Hipertensi!

4. Melancarkan saluran cerna

Asupan serat harian hampir dipenuhi semuanya dengan makan buah ini. Serat berperan dalam membantu kerja sistem pencernaan. Serat larut di dalam markisa berfungsi untuk mencegah sembelit, dan sebagai pencahar alami.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Nutrisi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, karoten, dan cryptoxanthin. Selain melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, juga membuat sel-sel darah putih menjadi lebih aktif. Benar-benar buah yang super. Baca: 11 Makanan Yang Menguatkan Imunitas Tubuh!

6. Mengobati gejala asma

Buah markisa juga memiliki senyawa antihistamin yang membantu mengobati gejala penyakit asma. Senyawa ini adalah molekul protein yang efektif dalam mendongkrak sistem imunitas tubuh kita. Manfaatnya termasuk menenangkan gejala akibat serangan asma.

7. Menguatkan gigi dan tulang

Betakaroten yang ada di dalamnya berfungsi untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, betakaroten berperan dalam perbaikan jaringan tubuh, menurunkan risiko terkena arthritis, parkinson, penyakit crhon (daya tahan tubuh yang lemah), dan mencegah depresi.

8. Mencegah serangan kanker

Buah markisa memiliki anti karsinogenik, flavonoid, dan fenolik. Ketiga senyawa ini berguna untuk mencegah kanker, seperti kanker mulut dan paru-paru.

9. Mencegah cacat otak pada bayi

Bagi ibu hamil sebaiknya perbanyak asupan asam folat untuk mencegah risiko bayi lahir dengan cacat otak. Di samping itu, folat diperlukan untuk menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh.


Tips mencegah kerutan di wajah menggunakan markisa


Belah buah markisa matang untuk mengambil bijinya.
Biji dihaluskan, tambah sedikit air dan aduk secara merata.
Aplikasikan pada wajah sebagai masker alami, diamkan selama ¼ jam.
Cuci wajah Anda, ambil es batu yang dibungkus dengan kain bersih untuk ditempelkan pada wajah.
Gunakan handuk kering untuk mengusap wajah Anda.

Itulah Manfaat markisa untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Mungkin ada yang belum mengenal buah ini?

foto via 52kitchenadventures.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Manfaat Markisa Bagi Kecantikan Juga Kesehatan"

Posting Komentar