11 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami

Cara Natural Sehat - Sakit gigi memang sangat membuat kita merasa jengkel. Rasa ngilu dan nyeri mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengobati sakit gigi secara alami, Anda harus mengetahui kronologis masalah kesehatan ini. Pulpa gigi tersusun dari jaringan, pembuluh darah, dan berbagai saraf yang peka. Peradangan pada pulpa akan menyebabkan sakit gigi.

Penyebab Sakit Gigi


11 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami
Radang pulpa dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti infeksi bakteri (abses periapikal) yang mengakibatkan nanah menumpuk di dasar gigi. Faktor penyebab lainnya termasuk gigi retak, gigi berubang, gusi menyusut, atau gigi tumbuh dengan berdesakan.

Tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi dapat menyebabkan bakteri menumpuk di sela-sela gigi, sehingga berakibat gigi berlubang. Gusi yang bengkak akibat infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit gigi.


11 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami


Seseorang yang menderita sakit gigi akan semakin tidak nyaman ketika berada di situasi yang gaduh dan ramai. Tidur nyenyak pun sulit didapatkan oleh pasien sakit gigi. Pengobatan terhadap sakit gigi harus dilakukan dengan tepat. Penanganan yang salah akan menyebabkan sakit gigi makin parah. Berikut Cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan alami:

1. Cengkih dan Daun Sirih


Cengkeh telah lama dikenal sebagai obat sakit gigi. Untuk membuat obat ini, rebus cengkih dan sirih hingga mendidih. Cukup berkumur dengan airnya, agar nyeri hilang.

2. Minyak Tempurung Kelapa

Caranya dengan membakar tempurung kelapa, hingga minyaknya keluar. Celupkan kapas ke dalam minyak, tempel pada gigi yang sakit. Nyeri biasanya akan hilang dalam sekejap.

3. Daun Inggu (Ruta angustifolia)

Rebus 3gr daun inggu kering ke dalam panic berisi 2 gelas air sampai mendidih. Berkumur dengan airnya untuk meredakan sakit gigi.

4. Bawang Putih

Mengobati sakit gigi dapat menggunakan bawang putih. Cukup dengan menempelkan bawang putih yang ditumbuk ke sekitar gigi bermasalah. Cara lainnya dengan mengunyah bawang putih secara langsung.

5. Akar Kangkung dan Cuka

Rebus segenggam akar kangkung bersama segelas air, tuangkan ½ sdt cuka. Berkumur ketika air berubah menjadi dingin.

6. Bunga Matahari dan Jahe

Rebus 50gr bunga matahari dan 5gr jahe ke dalam panic berisi 600cc air. Tunggu sampai mendidih dan air menyusut setengahnya. Obat sakit gigi ini digunakan dengan meminumnya saat hangat.

7. Minyak Cengkeh

Basahi kapas dengan minyak cengkih, kemudian teteskan pada gigi yang sakit. Setelah nyeri hilang (sekitar 30 menit), berkumur menggunakan air hangat.

8. Biji Jarak Cina

Obat sakit gigi dapat diperoleh dengan menumbuk biji jarak cina hingga lembut, seduh bersama segelas air panas. Aduk kemudian saring airnya, berkumur ketika air menjadi dingin.

9. Cabe Rawit

Seduh cabai rawit yang telah ditumbuk ke dalam gelas berisi air panas. Celup kapas ke dalamnya, kemudian tempel pada lubang pada gigi.

10. Teh tanpa gula

Cukup dengan menempelkan kantung teh basah pada gusi untuk meredakan peradangan Air teh dapat digunakan untuk berkumur untuk mengobati sakit gigi.

11. Getah pohon Jarak

Teteskan getah jarak pada lubang pada gigi yang keropos. Cara ini efektif dalam menghilangkan nyeri akibat sakit gigi.


Terapi Untuk Mengobati Sakit Gigi



  • Gunakan sikat dan pasta gigi untuk membersihkan sisa makanan yang melekat di lubang gigi, berkumur dengan air bersih.
  • Pijat sebelah pelipis yang berada pada posisi sama dengan gigi yang bermasalah. Arah pijatan dimulai dari depan telinga ke bagian belakang. Gunakan minyak alami tanpa aroma, lakukan pemijatan hingga nyeri hilang dengan berangsur-angsur.
  • Gerakkan lidah ke area gigi yang sakit, lalu hisap sampai darah keluar dari lubang gigi. Dengan cara ini, darah berwarna merah kehitaman akan keluar.

Setelah sakit gigi sembuh, rutin menggosok gigi setiap hari minimal dua kali dalam sehari. Hindari makan cokelat atau makanan yang banyak mengandung gula. Baca juga: 8 Cara Alami Menghentikan Mimisan Dengan Cepat.

Demikian cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan alami. Minta saran ke dokter gigi untuk mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat. Mungkin gigi perlu untuk dicabut atau ditambal. Meskipun sedikit sakit, tindakan ini akan mencegah penyakit kambuh.

ilustrasi foto via pressandjournal.co.uk

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami"

Posting Komentar