14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan

Buah Apel termasuk buah super yang paling disukai oleh banyak orang. Buah dengan rasa masam manis ini memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan. Apel kaya akan vitamin C, vitamin B, dan nutrisi lainnya yang berguna untuk mencegah berbagai penyakit berat.

14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan


1. Mencegah Diabetes

Serat larut yang terdapat di dalam buah apel dapat mengontrol kadar gula darah, sehingga mencegah diabetes.


14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan
2. Mencegah penyakit Jantung dan Stroke

Senyawa fenolik yang ada di dalam kulit apel berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Gangguan pada arteri dapat memicu penyakit kardiovaskular seperti stroke dan penyakit jantung

3. Mencegah Diare dan Sembelit

Buah Apel kaya serat sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit dapat dicegah dengan sering makan buah ini.

4. Menguatkan Imunitas Tubuh

Quercetin merupakan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Perbanyak konsumsi apel terutama ketika cuaca kurang kondusif bagi kesehatan.

5. Mencegah Kanker

Sebuah studi di Hawaii mengungkapkan bahwa dengan rajin makan apel akan menurunkan risiko kanker paru-paru. Quercetin dan Flavonoid yang dikandung apel dapat mematikan hormon pemicu kanker paru-paru. Buah ini juga dilengkapi dengan pectin yang efektif melawan kanker usus. Baca: Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui.

6. Meningkatkan kecerdasan

Kepikunan dapat menyerang di usia tua maupun muda. Sering mengonsumsi apel akan meningkatkan produksi acetylcholine, hormon penghubung antar sel otak yang membantu pembentukan struktur baru pada otak. Sehingga daya ingat meningkat. Sedangkan pada manula, penurunan kemampuan mental akan dicegah.

7. Menyehatkan Mata


Penyakit katarak maupun gangguan kesehatan mata lainnya dapat dicegah dengan rajin makan apel.

8. Melindungi tulang

Zat flavonoid yang disebut phloridzin terdapat pada bauh apel, mampu mencegah tulang keropos yang biasanya diderita oleh wanita setelah menopause. Zat lain yang berguna untuk menguatkan tulang adalah boron, juga ada di dalam buah ini.

9. Mengontrol kadar gula darah

Insulin sering dikatakan sebagai hormon pemicu diabetes. Pectin yang ada pada buah ini berfungsi untuk mensuplai galacturonic acid, sehingga menahan tubuh untuk melepaskan insulin. Jika produksi insulin menurun, risiko diabetes dapat dicegah. Bahkan bagi penderita diabetes akibat faktor genetik.

10. Mencegah Asma

Jus apel dapat menurunkan risiko asma, terutama pada wanita hamil.


Manfaat Apel Untuk Kecantikan Yang Luar Biasa


11. Mengurangi Kulit Keriput

Untuk menghaluskan kulit dan mengatasi keriput, parut buah apel segar kemudian gunakan sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit, sebelum dibilas dengan air hangat.

12. Menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan sering dipengaruhi oleh faktor genetik dan nafsu makan yang tidak terkontrol. Obesitas dapat memicu penyakit berat seperti stroke, penyakit jantung, darah tinggi dan diabetes. Rajin makan apel dapat menurunkan berat badan.

13. Mengatasi Kantung Mata

Campur 2 sdm sari apel dengan parutan kentang. Oleskan pada kelopak mata, gunakan kain hangat untuk menutup mata. Setelah 20 menit, cuci wajah dengan air hangat.

14. Mengurangi kulit berminyak dan jerawat

Campur parutan apel dengan madu, terapkan sebagai masker wajah. Bilas dengan air dingin, setelah masker melekat di wajah selama 10 menit.

15. Melembabkan Kulit

Salah satu faktor penentu kecantikan wanita adalah kelembaban dan kesegaran kulit. Masker apel mampu mengatasi kulit kering. Parut apel yang telah dicuci, kemudian tambahkan 1 sdm madu. Terapkan sebagai masker wajah untuk kulit kering. Setelah campuran menjadi kering, bilas wajah cantik Anda.

Demikian Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi kesehatan dan kecantikan. Buah favorit semua orang, yang menyehatkan. Untuk manfaat buah anggur bagi kesehatan, dapat dibaca pada artikel sebelumnya.

foto: makan-apel hellodoctor.co.za

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "14 Manfaat Menakjubkan Buah Apel Bagi Kesehatan"

Posting Komentar