Manfaat Minyak Cengkih Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Manfaat cengkeh telah dikenal oleh pakar herbal dalam bidang kesehatan maupun kecantikan. Salah satu khasiat cengkeh yang terkenal adalah sebagai obat alami bagi penyakit gigi. Demikian pula untuk mengobati penyakit tertentu, juga kecantikan. Cengkeh ternyata punya efektivitas yang tak kalah dibanding rempah lainnya, seperti temulawak dan kunyit.

Manfaat Minyak Cengkih Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa


1. Meredakan Peradangan akibat Rematik

Minyak cengkih dilengkapi dengan flavanoid, semacam zat aktif yang memiliki anti inflamasi. Penggunaan minyak cengkeh untuk pasien rematik, akan mencegah dan meredakan peradangan. Di samping itu, minyak cengkeh memiliki sifat hangat yang bertindak sebagai ekspektoran, mengatasi berbagai masalah sistem pernafasan.

2. Mengobati Sakit Gigi

Banyak orang mendengar tentang penggunaan minyak cengkih sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi. Minyak cengkeh cukup efektif dalam  meredakan nyeri akibat sakit gigi. Manfaat ini terkait dengan sifat analgesik yang dimiliki oleh minyak cengkeh.


Manfaat Minyak Cengkih Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
Cara membuat minyak cengkeh sebagai pereda nyeri akibat sakit gigi, cukup mudah. Celupkan kapas ke dalam botol berisi minyak cengkeh, tempel pada lubang di gigi. Antibiotik yang terdapat pada minyak cengkeh ini dapat mematikan bakteri yang hinggap di lubang gigi.

Sebagai pilihan, dapat digunakan cara lain. Sediakan 10 biji cengkeh, sangrai dan giling biji ini hingga halus. Masukkan bubuk cengkih ke dalam gigi yang terasa sakit, gunakan kapas untuk menutupnya. Cobalah perawatan gigi ini setiap pagi dan malam hari.

3. Mengobati rasa mual dan muntah

Minyak cengkeh memiliki aroma kuat yang berpotensi untuk menghilangkan mual dan mencegah muntah. Jadi, tidak ada salahnya untuk menyediakan minyak ini di rumah Anda.

4. Mengobati Pilek

Kombinasi antara minyak cengkeh dengan madu, menghasilkan obat alami untuk meredakan pilek. Minum setiap pagi dan malam hari untuk membuat tubuh lebih hangat. Oleskan minyak ini pada area hidung, untuk meredakan pilek.

5. Melancarkan sistem pencernaan


Zat aktif yang dikandung oleh cengkih punya kemampuan untuk mengendurkan lapisan pada saluran pencernaan. Efektivitasnya termasuk meringankan diare, sakit perut, muntah, dan gas usus. Tetapi perlu hati-hati karena zat kuat ini dapat memicu iritasi pada lambung.

6. Menghangatkan tubuh

Cukup dengan membalurkan minyak cengkih ke seluruh bagian tubuh, akan membuat tubuh menjadi hangat. Lakukan cara ini ketika cuaca dingin.

7. Mencegah Infeksi di saluran nafas

Cengkih mengandung antioksidan dan zat penting lainnya yang dapat membunuh bakteri pemicu infeksi di saluran nafas.

8. Mencegah penyakit Jantung dan Stroke

Cengkih memiliki eugenol yang berguna untuk mencegah koagulasi darah, yang pada akhirnya mencegah serangan jantung dan stroke.

9. Mengobati Sinusitis

Cengkih juga efektif dalam mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti sinusitis. Cukup dengan menerapkannya ke dalam lubang hidung, untuk mengatasi gangguan ini. Baca: 9 Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami Tanpa Bahan Kimia.

10. Mengobati batuk

Dengan mengunyah cengkih secara langsung bermanfaat untuk menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan akibat batuk. Rasanya memang agak pahit dan sedikit getir, namun zat kimia di dalamnya bersifat ekspektoran alami yang mampu mengencerkan dahak.


Manfaat Cengkeh bagi Kecantikan Kulit


11. Menghilangkan noda hitam dan bekas luka pada kulit

Minyak alami ini dapat menghapus bekas luka, goresan, ataupun noda di kulit. Aplikasi pada kulit tubuh, akan membuatnya lebih lembut dan bersinar.

12. Mengobati Jerawat

Bagi Anda yang bermasalah dengan jerawat di wajah, terapkan minyak cengkih pada wajah. Minyak cengkih memiliki anti mikroba yang efektif dalam membunuh bakteri yang biasa timbul bersama jerawat.


Manfaat Minyak Cengkeh bagi kesehatan Rambut


13. Mencegah Rambut rontok

Jika rambut jatuh beberapa helai tiap hari, lama kelamaan dapat menyebabkan kebotakan. Cobalah cara alami untuk mengatasi rambut rontok, terapkan minyak cengkih pada seluruh bagian rambut selama ¼ jam sebelum dicuci bersih dengan shampo.

14. Sebagai Kondisioner alami

Minyak cengkih dapat digunakan sebagai kondisioner bagi rambut, yang melembabkan rambut kering serta menghitamkan rambut yang pucat. Baca: Cara Menghitamkan Rambut Dengan Cara Alami!

Itulah beberapa manfaat minyak cengkih untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Sebaiknya selalu menyediakan minyak ini di rumah Anda.

foto via roadahead.com.au

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Manfaat Minyak Cengkih Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa"

Posting Komentar