14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira

Daun bawang (Allium fistulosum) terkenal sebagai bumbu masakan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan kecantikan. Daun bawang memiliki bau yang sangat khas, cocok untuk meningkatkan selera makan. Daun bawang baik dikonsumsi oleh penderita kencing manis dan anemia, disebabkan kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya.


14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira
Dalam hal kecantikan tubuh dan kulit, efektifitas daun bawang termasuk melenyapkan jerawat, sebagai pelangsing alami, menghambat tanda-tanda penuaan, dan mencerahkan warna kulit. Daun bawang juga sering digunakan untuk mencegah kerusakan rambut.

Untuk mendapatkan daun ini, temukan di pasar tradisional kemudian simpan di kulkas lengkap dengan akarnya.

Fakta Nutrisi Daun Bawang

Berbagai senyawa penting yang ada di dalam bawang daun termasuk vitamin A, asam folat, vitamin K, kalsium, vitamin C, potassium, lemak, protein, karbohidrat, dan serat. Daun bawang tergolong makanan yang rendah kalori.


14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira


1. Meningkatkan imunitas tubuh

Senyawa yang ada di dalam daun bawang seperti quercetin dan kemferfol, merupakan antioksidan tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara total. Sehingga mencegah penyakit pilek, flu, dan demam. Manfaat ini dikuatkan dengan adanya anti-bakteri, anti-virus dan anti-jamur yang membuat tubuh lebih kebal terhadap infeksi.

2. Baik untuk ibu hamil dan janin

Jumlah asam folat yang tinggi ada di dalam daun bawang, dibutuhkan oleh wanita hamil untuk perkembangan otak dan tubuh janin. Kekurangan folat dapat meningkatkan risiko kelelahan dan kelahiran tidak sesuai harapan ibu hamil.


3. Menyehatkan mata

Kesehatan mata dapat dijaga dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti wortel, tomat, dan apel. Jarang diketahui bahwa daun bawang ternyata juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata sehat. Daun ini mengandung 24 µg pro-vitamin A per batangnya.

4. Menguatkan tulang

Agar tulang tetap sehat dan kuat, dibutuhkan asupan kalsium serta vitamin C dan K. Daun bawang memiliki semua nutrisi tersebut. Baca: 5 Penyakit Akibat Kekurangan Kalsium!

5. Melancarkan saluran cerna

Proses penyerapan nutrisi oleh tubuh dimulai dari saluran cerna. Serat dalam jumlah tinggi dikandung oleh daun bawang, baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

6. Baik untuk jantung

Daun bawang memiliki senyawa cycloalliin yang berguna untuk mengencerkan darah sehingga mencegah koagulasi. Hal ini akan menurunkan risiko aterosklerosis.

7. Mencegah Kekurangan Darah

Mineral penting di dalamnya seperti zat besi dan kalium, sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah. Kalium yang ada di dalam daun ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, fungsi jantung, serta mencegah kram otot.

8. Mencegah kenaikan kadar gula darah

Senyawa fitokimia yang dikandungnya, seperti allium dan alil disulfida berguna untuk mencegah degradasi insulin dan membantu pemecahan glukosa.

9. Memperbaiki kualitas tidur

Tidur yang berkualitas akan mengembalikan kebugaran tubuh setelah beraktifitas seharian. Daun bawang mengandung zat yang dapat memperbaiki kualitas tidur, mengendalikan homosistein, dan mencegah depresi.

10. Mengobati penyakit cacingan

Untuk mengobati cacingan pada anak, tambahkan daun bawang ke dalam menu harian. Anda bisa menyajikan dalam bentuk masakan sup. Baca: 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami.


Manfaat Daun Bawang Bagi Kecantikan


11. Mencerahkan kulit

Daun bawang dilengkapi dengan vitamin C yang dapat mencegah pigmentasi kulit dan menyingkirkan sel-sel kulit mati sehingga kulit nampak lebih muda.

12. Mengobati jerawat

Zat allicin yang ada padanya bersifat antibakteri yang mampu mematikan bakteri penyebab jerawat. Tumbuk daun bawang hingga halus, oleskan pada wajah untuk mengobati jerawat.

13. Menghambat tanda-tanda penuaan

Vitamin A, vitamin E dan vitamin K di dalamnya merupakan antioksidan yang efektif dalam melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit.

14. Merawat rambut kering dan bercabang

Potong-potong daun bawang, sehingga diperoleh segenggam. Rebus dengan segelas air selama 1/4 jam. Angkat daunnya dan masukkan ke dalam air es selama dua menit. Campur dengan ½ cangkir minyak zaitun, kemudian haluskan dalam blender. Gunakan sebagai masker bagi rambut dan kulit kepala. Biarkan selama ½ jam sembari dibungkus menggunakan handuk hangat atau topi mandi. Cuci rambut dengan shampo, lanjutkan dengan menerapkan kondisioner. Baca: 7 Cara Merawat Rambut Bercabang Dan Rontok Secara Alami.

Lakukan secara teratur sebanyak 2 kali dalam seminggu. Perawatan alami ini berguna untuk mengatasi rambut kering, rusak, dan bercabang.

Demikian 14 Manfaat daun bawang yang tidak terkira. Bumbu masakan ini dapat menambah selera makan dan menjaga kesehatan anda. Jadi, tidak salah jika selalu tersedia di dapur anda.

foto daun-bawang via poetschke.de

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "14 Manfaat Daun Bawang Yang Tidak Terkira"

Posting Komentar