14 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Asparagus memiliki kontribusi cukup besar di dunia kesehatan disebabkan kelengkapan nutrisi di dalamnya. Asparagus merupakan sayuran tanpa daun yang menyediakan sifat terapeutik. Sayuran ini sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi banyak penyakit. Akar asparagus telah digunakan dalam pengobatan tradisional India dan dunia medis sejak lama.


14 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
Asparagus memiliki sekitar 300 variasi jenis, yang tumbuh di berbagai penjuru dunia. Jenis yang berwarna putih dari tanaman ini disebabkan jumlah klorofil yang sedikit dan kekurangan pigmen warna hijau.

Sedangkan spesies tanaman yang berwarna ungu menunjukkan adanya anthocyanin dan phtyochemicals, yakni zat pemberi warna pada tanaman.

Fakta Gizi Asparagus

  • Asparagus kaya akan berbagai macam vitamin termasuk vitamin A, riboflavin, tiamin, niasin, vitamin B-6, vitamin C, folat, asam pantotenat, vitamin E dan vitamin K.
  • Tanaman ini juga dilengkapi dengan mineral penting seperti zat besi, fosfor, kalsium, mangan, zinc, magnesium, potasium, dan selenium.
  • Asparagus tidak mengandung kolesterol, serta memiliki sedikit kalori dan natrium. Sayuran ini juga merupakan sumber serat yang cukup baik.

14 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


1. Melancarkan Aliran Darah

Ahli nutrisi dari San Diego bernama Laura Flores menerangkan bahwa asparagus merupakan sayuran yang kaya akan vitamin K, yang berperan dalam melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Baca: Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Sirkulasi Darah.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

Vitamin B6 dalam asparagus berguna untuk menurunkan gula darah. Manfaat ini dapat diperoleh dengan makan sayuran ini dengan rutin.

3. Menyehatkan jantung

Studi yang pernah diadakan di Universitas Harvard menunjukkan bahwa vitamin B dalam asparagus dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Vitamin B berguna untuk mengontrol kadar homocysteine di dalam darah. Kadar homocysteine yang berlebih dapat memicu risiko serangan jantung. Efektifitas ini dikuatkan dengan serat larut yang ada dalam sayuran ini.

4. Mencegah Diabetes Tipe-2


Stres oksidatif dan inflamasi yang berlebihan mampu memicu diabetes tipe-2. Nah, asparagus memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga mencegah risiko penyakit diabetes tipe 2. Asparagus juga mampu mengontrol kadar insulin yang mempengaruhi kadar gula darah. Fakta ini diterbitkan dalam British Journal of Nutrition.

5. Mencegah Katarak

Asparagus juga menjadi sumber vitamin A yang melimpah. Vitamin A berguna untuk melindungi retina dari kerusakan akibat radikal bebas . Asam amino glutathion yang ada di dalam sayuran ini berguna untuk mencegah katarak dan rabun senja.

6. Mencegah pembentukan Batu Ginjal

Asparagus memiliki sifat diuretik yang berasal dari asam amino asparagine di dalamnya. Sehingga toksin dapat dikeluarkan dari ginjal. Namun, asparagus kurang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat, terkait zat purin di dalamnya.

7. Menguatkan Tulang

Vitamin K dalam sayuran ini dibutuhkan dalam proses pembentukan tulang. Vitamin K juga bermanfaat untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis).

8. Mencegah Depresi

Asparagus racemosus  merupakan sayuran super yang dapat berfungsi sebagai anti-depresan. Sayuran ini juga memiliki efek menenangkan sistem saraf, dan menjaga memori otak.

9. Meredakan Gejala Rematik

Asparagus kaya akan folat yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mampu melawan gejala rematik seperti peradangan pada sendi tulang.

10. Mencegah Epilepsi

Epilepsi merupakan gangguan kronis pada jaringan otak, yang mengakibatkan kejang secara berulang. Akar asaparagus diyakini mampu mengatasi gejala epilepsy, karena zat penting di dalamnya.

11. Mencegah Kanker Usus

Asparagus juga menydiakan jumlah tinggi dari inulin, yaitu sejenis serat yang baik untuk sistem pencernaan. Di samping manfaat itu, inulin adalah prebiotik yang mampu membunuh bakteri dalam usus, dan melawan kanker pada usus.

12. Baik untuk ibu hamil

Wanita hamil membutuhkan lebih banyak asupan asam folat. Asparagus menyediakan asam folat dalam jumlah tinggi. Nutrisi ini juga diperlukan untuk perkembangan otak janin.


Manfaat Asparagus Untuk Kecantikan


13. Menjaga Kesehatan Kulit

Asparagus diperkaya dengan antioksidan glutathion yang punya kemampuan untuk melambatkan proses penuaan pada kulit termasuk timbulnya kerutan dan noda hitam.

14. Menunda Penuaan Dini

Salah satu nutrisi penting dalam asparagus adalah asam folat, yang mampu menunda proses penuaan misalnya fungsi kognitif. Asam folat juga baik untuk menjaga kesehatan mental pada orang tua, sehingga saraf tetap responsif.


Efek Samping akibat konsumsi Asparagus


Meskipun asparagus memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan otak, namun mengkonsumsi sayuran ini dapat menimbulkan efek samping ringan seperti berikut ini:

  • Bau urin yang menyengat. Hal ini disebabkan efek dari proses detoksifikasi, dengan mengubah belerang dan ammonia menjadi senyawa yang mudah menguap.
  • Sebagian orang mengalami alergi akibat zat di dalam asparagus. Orang yang alergi terhadap bawang dan keluarga lily, akan mengalami hal yang sama.
  • Wanita hamil dan menyusui harus konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi asparagus, karena sayuran ini dapat mengubah keseimbangan hormon.

Tips Mengolah Asparagus untuk dikonsumsi

Untuk mengolah sayuran ini menjadi makanan sehat, tidaklah sulit. Rebus asparagus selama 3-4 menit saja, jangan terlalu lama. Jika warnanya berubah akibat kelamaan saat merebusnya, maka berbagai zat penting dalam asparagus dapat hilang dan manfaatnya untuk tubuh pun berkurang.

Demikian manfaat asparagus bagi kesehatan yang luar biasa. Anda dapat mengkonsumsi sayuran ini, setelah membaca seluruh pembahasan di atas. Jaga kesehatan anda, dengan selalu memperhatikan porsi yang dianjurkan medis.

foto by taste.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "14 Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Posting Komentar