11 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbanyak

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui sumber vitamin D selain sinar matahari. Vitamin D atau disebut juga kalsiferol merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh, yang berperan dalam proses pembentukan tulang dan gigi. Kalsiferol adalah vitamin yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh kita, namun dapat diperoleh dari berbagai jenis makanan.


11 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbanyak
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan nyeri tulang, tulang melunak (rakitis), tulang keropos (osteoporosis), dsb.

Masalah lain akibat kekurangan asupan vitamin D adalah sistem kekebalan tubuh rendah, pertumbuhan rambut tidak bagus, meningkatkan risiko kanker, otot dan tulang lemah.

Sedangkan asupan vitamin D berlebih dapat meningkatkan risiko batu ginjal dan serangan jantung.


11 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbanyak


Kebutuhan harian vitamin D bagi anak dan orang dewasa adalah sekitar 200 IU, sedangkan untuk orang tua berusia usia 51-70 tahun adalah 400 IU. Semakin tua usia seseorang, makin banyak asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Sumber vitamin D dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan dan minuman, seperti di bawah ini:

1. Minyak Hati Ikan kod

Minyak ikan cod menyediakan vitamin D dalam jumlah yang sangat tinggi, yaitu sekitar 500 IU per sdt. Sebagian orang kurang menyukai minyak ikan cod, disebabkan bau dan rasanya yang kurang sedap. Namun di balik itu, minyak ikan ini dilengkapi dengan asam lemak omega-3 dan vitamin D. Kini minyak ikan cod telah banyak dibuat dalam bentuk kapsul.

2. Ikan Salmon

Selain vitamin D, salmon juga diperkaya dengan asam lemak omega-3 dan vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin D dalam ikan salmon sangat baik untuk perkembangan otak janin dan anak. Pastikan mencuci ikan salmon hingga benar-benar bersih, sebelum memasaknya.

3. Keju

Keju ricotta merupakan jenis keju dengan kandungan vitamin D yang paling melimpah. Jika anda kesulitan menemukan keju ini, pilih jenis lain.


4. Susu

Susu merupakan minuman yang kaya akan vitamin D dan kalsium, yang baik untuk menguatkan tulang. Kadar vitamin D yang ditemukan dalam susu kambing adalah sekitar 98.7 IU/175 ml. Pilih susu non lemak, untuk menghindari kegemukan.

5. Susu Kedelai

Produk olahan kedelai juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Dengan minum secangkir susu kedelai, maka tubuh mendapatkan 130 IU vitamin D.

6. Udang

Dengan tekstur yang lembut dan rasa yang gurih, udang mengandung banyak protein, omega 3, rendah lemak, dan rendah kalori. Udang mengandung vitamin D yang tinggi. Dalam 85gr udang terdapat 129 IU vitamin D, atau telah memenuhi 32 persen kebutuhan vitamin D harian.

7. Sereal

Sereal dengan bahan gandum yang berkualitas memiliki sejumlah gizi yang lengkap, termasuk vitamin D. Setiap produk sereal mengandung vitamin D dengan kadar yang tidak sama. Sereal sangat cocok dikonsumsi untuk sarapan pagi, sebelum memulai aktivitas.

8. Produk olahan kedelai

Tempe dan tofu merupakan pilihan terbaik bagi vegetarian, untuk mendapatkan asupan vitamin D. Dalam 100 mg tofu menyediakan 157 IU vitamin D, atau 26 persen kebutuhan vitamin D harian.

9. Jamur Tiram

Meskipun vitamin D dalam jamur tidak terlalu banyak, namun ada cara mudah untuk meningkatkan kadarnya. Jemur jamur di bawah cahaya matahari selama 60 menit di pagi hari. Cara ini mampu meningkatkan kandungan vitamin D di dalam jamur hingga 400 persen dari kadar semula. Baca: 9 Khasiat Jamur Tiram Bagi Kesehatan Yang Tak Terduga.

10. Telur

Kuning telur juga dapat menjadi sumber vitamin D yang cukup baik. Sebuah telur berukuran sedang memiliki 44 IU Vitamin D, atau telah mencukupi 17% kebutuhan harian vitamin D. Produk hewani ini cocok dikonsumsi sebagai sarapan pagi.

11. Hati sapi

Zat besi yang berlimpah dalam hati sapi bermanfaat sebagai makanan penambah darah untuk mengatasi anemia. Di samping itu, hati sapi juga diperkaya dengan asam folat dan vitamin B. Meskipun kaya akan vitamin D, selalu proporsional dalam konsumsi makanan ini.

Keterangan tambahan:
40 IU = 1 mcg Vitamin D (cholecalciferol).

Itulah 11 makanan yang mengandung banyak vitamin D. Pelajari artikel sebelumnya tentang 12 Makanan Yang Mengandung Vitamin B12 Tertinggi. Bagi anda yang memiliki waktu luang, lakukan olahraga pagi dengan rutin di bawah sinar matahari. Ini adalah cara paling mudah dan murah untuk mendapatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

foto via food52.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Makanan Yang Mengandung Vitamin D Terbanyak"

Posting Komentar