12 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan kulit, anda perlu mengenal sedikit gambaran dan karakteristik vitamin E. Benarkah kecantikan kulit dipengaruhi oleh konsumsi vitamin E? Mari kita simak artikel kali ini.


12 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Salah satu karakteristik dari vitamin E adalah mudah larut dalam lemak, serta memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat. Sehingga kerusakan sel akibat radikal bebas dapat dicegah olehnya. Vitamin E tidak hanya tersedia dalam bentuk suplemen atau krim saja, tetapi kita dapat memperolehnya dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Kebutuhan harian akan vitamin E adalah berkisar antara 200 mg sampai 400 mg. kebutuhan ini dapat dicukupi dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan sehat seperti kacang-kacangan, ubi jalar, buah apel, tomat, dan beberapa jenis sayuran.


12 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Sistem metabolisme dalam tubuh membutuhkan berbagai nutrisi, supaya kinerja dan fungsinya lebih optimal. Nutrisi yang dimaksud adalah protein, karbohidrat, lemak, dan berbagai jenis vitamin termasuk vitamin E. Jadi, manfaat vitamin E bukan hanya untuk menjaga kecantikan kulit saja. Berikut manfaat vitamin E bagi tubuh kita:

1. Mengontrol kadar gula darah

Vitamin E juga berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah, dan komplikasi lain akibat penyakit diabetes.

2. Meningkatkan Energi tubuh

Vitamin E juga berperan dalam menjaga stamina tubuh, meningkatkan energi, dan mencegah kerusakan otot akibat latihan berat.

3. Mencegah penggumpalan darah


Vitamin E mampu mengencerkan darah sehingga mencegah koagulasi darah dan penyumbatan. Darah yang encer mencegah pembuluh darah menegang, sehingga menghindari serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

4. Mencegah beberapa jenis Kanker

Vitamin E melindungi DNA dan jaringan tubuh dari kerusakan yang bisa memicu risiko kanker, seperti pada mulut, paru-paru, polip, prostat, lambung dan kanker pankreas. Vitamin ini efektif dalam menghambat pertumbuhan tumor, serta meningkatkan imunitas tubuh dan melawan zat karsinogen.

5. Mengurangi efek penggunaan obat kimia

Penggunaan obat berbahan kimia dapat menimbulkan efek samping terhadap tubuh. Vitamin E dapat mengurangi efek yang timbul seperti radiasi, rambut rontok, bahkan termasuk mencegah kerusakan pada paru-paru.

6. Menyehatkan Otak

Manfaat vitamin E termasuk menjaga sistem saraf dan otak tetap sehat. Vitamin E bersama vitamin lainnya bekerja untuk mencegah gangguan pada syaraf otak seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, demensia, dan epilepsi.

7. Mengurangi nyeri haid

Bagi wanita, vitamin E tidak sekedar berguna untuk merawat kulit. Vitamin ini ternyata juga mampu untuk mengurangi nyeri haid, mencegah komplikasi akibat hipertensi pada ibu hamil (pre-eklampsia), dan menghambat kista tertentu.

Manfaat vitamin E lainnya adalah membantu untuk mencegah beberapa penyakit termasuk katarak, tukak lambung, asma, dan alergi.


Manfaat Vitamin E Untuk Kecantikan Kulit


8. Melembabkan Kulit

Vitamin E mampu membuat kulit lebih lembab, sehingga menjaga kecantikan kulit.

9. Mengatasi Keriput

Keriput biasanya disebabkan oleh faktor usia, kesalahan dalam merawat kulit, kerusakan akibat radikal bebas, dan kebiasaan yang tidak sehat. Dalam buku “Healing with Vitamins disebutkan bahwa vitamin E bermanfaat untuk mencegah pembentukan kerutan karena kerusakan sel, akibat radikal bebas. Cara kerjanya dengan memacu produksi kolagen yang berperan untuk menjaga elastisitas kulit. Vitamin E juga berguna untuk menstimulasi regenerasi sel.

10. Mengurangi tanda parut

Luka pada kulit dapat menimbulkan bekas, sehingga membentuk jaringan parut. Vitamin E dapat membantu untuk pemulihan bekas luka.

11. Menyehatkan kuku dan Kutikula

Manfaat vitamin E untuk kecantikan termasuk menghaluskan kutikula yang kering dan pecah-pecah.

12. Mengurangi noda hitam

Bintik-bintik hitam pada kulit merupakan salah satu tanda penuaan kulit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kerusakan jaringan atau gangguan pada fungsi hati. Vitamin E mampu membasahi membran sel dan mengurangi flek hitam.

Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sumber Vitamin E banyak terdapat pada sereal, minyak sayur, unggas, minyak gandum, dan brokoli.

Penting untuk diperhatikan:

Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai konsumsi vitamin E bagi penderita gangguan koagulasi darah, gangguan ginjal, penyakit kulit, penurunan mental dsb.
Hindari makanan yang kaya akan vitamin E selama 2 minggu sebelum melakukan operasi. Vitamin E yang berlebih dalam tubuh dapat memicu pendarahan lebih, ketika operasi. Minta saran dokter mengenai masalah ini.

Demikian beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Pelajari: 10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini. Nutrisi sehat ini harus dikonsumsi dengan proporsional, supaya tubuh semakin sehat dan cantik.

foto minyak gandum via ladycarehealth.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit"

Posting Komentar