11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan tubuh adalah sebuah pertahanan yang dikembangkan oleh tubuh untuk melawan infeksi. Memiliki imunitas yang rendah akan lebih rentan terhadap berbagai serangan virus dan bakteri, yang pada akhirnya mudah terkena penyakit. Kekebalan tubuh yang rendah dapat disebabkan oleh bawaan, ataupun faktor luar.

11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun
Imunitas rendah dapat ditingkatkan dengan gaya hidup sehat dan pola makan yang benar. Orang dengan kekebalan rendah akan mudah sakit, ketika pergantian musim atau cuaca yang ekstrim. Ketika imunitas menurun, segera atasi dengan olahraga teratur dan mengkonsumsi makanan yang mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Musim pancaroba maupun cuaca yang terlalu dingin akan memaksa imunitas untuk bekerja lebih berat dari hari biasa, hingga dua kali lipat. Pertama, untuk melawan kedinginan. Dan kedua, melawan mikro-organisme yang menyerang dari berbagai penjuru.

Apa Penyebab Sistem kekebalan rendah?

Sistem kekebalan yang rendah harus diketahui penyebabnya, supaya kita dengan mudah mampu untuk menghindarinya. Beberapa penyebab kekebalan menurun seperti berikut ini:


11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun


1. Jarang berolahraga

Berjalan kaki selama 30 menit di pagi hari dengan rutin, sangat bermanfaat untuk mengembalikan sirkulasi sel-sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh.

2. Begadang di malam hari

Kekurangan tidur akan berdampak buruk bagi tubuh kita. Studi oleh peneliti asal University of Chigago menunjukkan bahwa tidur selama 4 jam dalam semalam, hanya mampu membentuk antibodi dalam darah sebanyak 50 persen. Baca lebih detail: 12 bahaya begadang bagi kesehatan.

3. Mengkonsumsi gula berlebihan


Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkap terjadinya penurunan kemampuan dari sel darah putih untuk melawan kuman, 5 jam setelah makan 100 gram gula. Kondisi ini terjadi secara drastis.

4. Sikap pesimis

Penelitian oleh UCLA menunjukkan bahwa para mahasiswa baru yang bersikap optimis, mempunyai sel T yang berlimpah sehingga mampu menguatkan respon kekebalan dan sel-sel antibodi dalam tubuh mereka.

5. Stres dan depresi

Stres yang berlarut-larut berdampak buruk bagi kekebalan tubuh. Produksi antibodi akan terganggu akibat perasaan tertekan. Stres menyebabkan tubuh rentan terhadap serangan mikroorganisme dan berbagai jenis penyakit yang dapat melemahkan tubuh anda.

6. Minum air terlalu sedikit

Air putih berguna untuk membantu dalam mengeluarkan racun. Kebutuhan minum setiap orang, tidak sama. Untuk mengetahui apakah asupan air telah memadai atau belum, adalah dengan mengamati warna urin. Tubuh yang sehat mengeluarkan urin berwarna jernih, atau agak kekuningan bukan keruh.

7. Bertukar barang dengan orang lain

Bakteri dan virus lebih mudah menyerang dengan kontak langsung. Jadi, anda sebaiknya tidak menyentuh barang-barang yang sering dipakai oleh umum seperti pulpen dan lainnya, yang mungkin mengandung kuman. Kuman dapat membawa penyakit menular yang menurunkan imunitas tubuh.

8. Menjadi perokok pasif

Nikotin berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk imun. Kurangi kebiasaan buruk seperti menghisap nikotin atau berdekatan dengan orang yang punya kebiasaan tidak sehat ini.

9. Jarang bercanda

Tertawa merupakan salah satu bentuk dari emosi positif yang mampu menurunkan hormon stres dan mengaktifkan sel-sel imun tertentu. Jangan terlalu serius dalam semua situasi, tapi hindari juga tertawa yang berlebihan.

10. Sering menggunakan obat antibiotik

Dengan mengkonsumsi antibiotik tertentu akan mengurangi kadar sitokin (hormon yang berperan dalam imunitas). Dengan imunitas rendah, tubuh menjadi lemah terhadap serangan bakteri resisten. Gunakan antibiotik, hanya dengan resep dokter.

11. Kekurangan nutrisi tertentu

Kekebalan tubuh membutuhkan asupan yang berasal dari kombinasi vitamin A, C, dan E dengan mineral termasuk zat besi, zinc, tembaga, dan selenium. Semua nutrisi ini penting untuk menunjang antibodi, sel T, dan fungsi neutrofil. Penyerapan nutrisi dapat mengalami gangguan pada pelaku diet yang tidak sehat dan penderita penyakit usus.


Gejala imunitas rendah


Naiknya berat badan

Berat badan berlebih dapat mengakibatkan hormon menjadi tidak seimbang, inflamasi, dan imun yang rendah.

Sering menderita flu

Jika anda menderita flu lebih dari 3 kali dalam setahun, maka kondisi tubuh anda berada pada level rendah dan perlu untuk perbanyak istirahat dan memenuhi asupan gizi.

Lubang hidung sangat kering

Lendir dalam hidung berfungsi untuk menjebak virus dan bakteri yang ikut terhirup. Rongga hidung yang kering akan memberi peluang bagi kuman untuk menerobos masuk ke dalam tubuh.

Itulah Penyebab kekebalan tubuh yang rendah dan gejalanya. Cukupi kebutuhan gizi harian, dengan banyak makan buah dan sayuran. Atasi kekebalan tubuh yang menurun: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh. Imbangi dengan olahraga teratur di pagi hari. Mungkin artikel ini bermanfaat untuk semua.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun"

Posting Komentar