8 Cara Mengatasi Mata Berair dan Gatal Secara Alami

Cara mengatasi mata berair dapat menggunakan bahan alami, yang tersedia di sekitar kita. Penyebab mata berair dapat menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan yang mendasarinya. Mata berair dalam istilah medis disebut epiphora, disebabkan oleh adanya gangguan fungsi saluran air mata.

8 Cara Mengatasi Mata Berair dan Gatal
Penyebab mata berair

Mata berair umumnya tidak berbahaya. Namun, masalah kesehatan ini tentu sangat mengganggu aktivitas harian. Sebelum membahas cara mengatasi mata berair, harus diketahui penyebab masalah ini. Berikut ini adalah penyebab mata berair:

Alergi

Alergi mata dapat menimbulkan rasa gatal, mata merah dan berair. Sering juga kelopak mata mengalami pembengkakan.

Sindrom mata kering

Sindrom ini berakibat sakit mata, terasa kering, dan tidak nyaman. Kondisi ini memicu sekresi air mata secara berlebihan. Baca juga: 13 Makanan yang Menyehatkan Mata.

Luka pada mata

Bagian mata yang terluka menyebabkan mata selalu berair dan dapat menyebabkan infeksi dan harus segera ditangani secara medis.

Blepharitis


Radang kelopak mata menggangu fungsi kelenjar mata. Nah, kondisi ini disebut blepharitis yang pada akhirnya menyebabkan tumbuhnya bakteri tertentu, yang memicu keluarnya air mata secara berlebih. Bahkan, kondisi ini juga mengakibatkan kelopak mata memerah dan bulu mata mengalami kerontokan.

Infeksi virus

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (under respiratory infection) dapat menimbulkan gejala seperti mata berair, merah dan gatal, bengkak, dan terasa mengganjal.

Gangguan pada saluran nasolacrimal

Adanya gangguan pada kelenjar air mata ataupun saluran nasolacrimal, dapat menyebabkan air mata mengalir secara berlebih.

Konjungtivitis

Mata merah disebabkan infeksi pada membran (konjungtiva) yang terletak di dekat lapisan kelopak mata. Konjungtivitis sering disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, pemakaian lensa kontak, dan paparan bahan kimia tertentu. Gejalanya seperti sensitif terhadap cahaya, sakit mata, penglihatan kabur, dan mata berair.

Trichiasis

Bulu mata yang tumbuh ke dalam disebut trichiasis. Mata akan merespon kondisi ini dengan mengeluarkan air mata.

Iritasi

Benda asing yang masuk ke mata akan menyebabkan iritasi, sehingga air mata mengalir keluar. Partikel asing seperti debu, angin, serbuk sari, dan asap.

Infeksi bakteri

Infeksi bakteri pneumoccocus dan staphylococcus juga menimbulkan gejala yang sama seperti infeksi virus. Mata juga akan terasa perih disertai dengan belek dan kotoran berwarna kuning pekat, sehingga terasa lengket dan panas.

Penyebab mata berair yang lain adalah faktor usia. Setelah mengetahui penyebabnya, kini kita lanjutkan membahas cara pengobatan terhadap gangguan mata ini.


8 Cara Mengatasi Mata Berair dan Gatal Secara Alami


Cara alami untuk mengatasi mata gatal dan berair berlaku sebagai pengobatan awal. Jadi, periksakan mata anda ke dokter jika kondisi tidak ada perubahan secara nyata. Berikut ini adalah cara alami untuk mengatasi mata merah dan berair:

1. Gunakan air mawar

Mata yang teriritasi juga dapat diatasi dengan air mawar. Air mawar memiliki efek pendinginan dan menenangkan mata, dan membantu membilas kotoran pada mata. Caranya dengan membilas mata dengan air mawar. Lakukan perawatan ini dua kali dalam sehari.

2. Gunakan daun sirih

Daun sirih bersifat antibakteri, yang mampu mengatasi iritasi mata. Caranya dengan merebus selembar daun sirih tua bersama dua gelas air, hingga air menyusut setengahnya. Setelah hangat, bilas mata anda dengan air rebusan ini.

3. Gunakan susu

Susu murni adalah pengobatan rumahan bagi masalah mata gatal dan berair. Caranya dengan membasahi kapas dengan susu, kemudian gunakan sebagai kompres untuk mendapatkan efek pendinginan dengan cepat. Lakukan pengobatan ini di pagi dan malam hari.

4. Gunakan mentimun

Mentimun memiliki sifat anti-iritasi yang mampu mengobati mata gatal, mengurangi peradangan dan pembengkakan. Cara menggunakannya, terapkan irisan mentimun yang telah didiamkan sampai airnya kering, pada mata anda selama 10 menit. Lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam sehari.

5. Irisan kentang

Kentang mentah mampu mengatasi mata gatal dan berair dengan cepat. Untuk meredakan peradangan dan kemerahan pada mata, dinginkan irisan kentang ke dalam lemari es. Terapkan masker kentang pada mata anda selama 20 menit. Lakukan perawatan dengan rutin, sebelum tidur malam. Kentang berguna untuk memberikan efek sejuk dan menghilangkan rasa gatal secara berangsur-angsur.

6. Teh hijau

Teh hijau memiliki sifat antibakteri yang mampu mengobati mata gatal dan berair. Teh hijau juga mengandung anti-inflamasi yang membantu menenangkan mata. Rebus secangkir teh hijau selama beberapa menit, barkan menjadi dingin. Bilas mata anda dengan airnya, setiap pagi dan sore hari hingga gejala reda.

7. Larutan garam

Untuk mengobati mata gatal dan berair, gunakan air garam. Garam merupakan agen antibakteri yang efektif untuk membunuh bakteri. Bilas mata anda dengan larutan garam, untuk meredakan pembengkakan dan membilas lendir di mata.

8. Gel lidah buaya

Lidah buaya ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati mata kering, gatal, dan berair. Campur gel lidah buaya dengan sedikit madu dan dua cangkir teh elderberry mekar. Cara menggunakannya dengan membilas mata anda dengan campuran ini. Lakukan setidaknya dua kali dalam sehari hingga sembuh.

Itulah 8 cara mengatasi mata gatal dan berair. Pilih salah satu cara alami yang telah dibahas. Jika kondisi berlanjut, segera temui dokter anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Simak juga: 6 Cara Mengobati Katarak Dan Minus Secara Alami. Semoga membantu mengatasi gangguan pada mata anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Cara Mengatasi Mata Berair dan Gatal Secara Alami"

Posting Komentar