17 Akibat Kurang Minum Air Bagi Tubuh

Kurang minum air berdampak buruk bagi tubuh kita. Efek yang timbul bukan hanya sekedar rasa haus yang hebat. Lebih dari itu, banyak masalah kesehatan akan dialami oleh seseorang ketika kekurangan asupan air. Mulai dari dehidrasi hingga penyakit berat menjadi akibat bagi mereka yang malas untuk minum air.

17 Akibat kurang minum air bagi tubuh
Dua elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh adalah oksigen dan air. Tanpa keduanya, maka semua sistem organ tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Asupan air yang memadai, digunakan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi organ, mengatur suhu tubuh, melarutkan mineral, membantu kerja ginjal dan hati, mengangkut nutrisi untuk diedarkan ke seluruh jaringan tubuh, dll.

Lebih dari 60 persen, tubuh kita terdiri dari air. Fakta ini menunjukkan betapa penting peran air bagi tubuh kita. Manusia tidak akan bertahan untuk hidup, tanpa konsumsi air. Bahkan, kekurangan air bagi tubuh akan menimbulkan dampak yang lebih buruk daripada kurang asupan makanan. Meskipun keduanya sama-sama penting.


17 Akibat Kurang Minum Air Bagi Tubuh


Asupan air yang memadai akan membuat tubuh menjadi lebih fresh dan berenergi. Selain itu, sistem pencernaan menjadi lancar dan racun dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin dan keringat. Ketika tubuh mengalami kekurangan air, inilah dampak buruk yang mungkin terjadi:

1. Dehidrasi

Rasa dahaga merupakan salah satu tanda bahwa tubuh kehilangan banyak cairan. Dehidrasi dapat disebabkan oleh olahraga berat atau efek dari suhu luar yang terlalu panas. Penuaan pada seseorang akan menurunkan rasa haus, sehingga dehidrasi sering tidak dikenali. Dehidrasi umumnya ditandai dengan kulit kering, lemas, sakit kepala, turunnya nafsu makan, dan cemas.

2. Kelelahan


Akibat malas minum air putih dapat menyebabkan metabolisme tubuh terganggu. Air merupakan sumber energi bagi tubuh kita, walaupun tidak memiliki nilai kalori. Air putih memegang peranan penting dalam menyeimbangkan kinerja enzim dalam mengatur energi. Tanpa asupan air yang cukup, tubuh akan mengalami kelelahan dan mudah lelah. Baca: 14 Makanan yang Mampu Mengatasi Kelelahan.

3. Gangguan sistem cerna

Air sangat diperlukan dalam sistem cerna untuk menghancurkan makanan dan menyerap nutrisi. Akibat kurang asupan air, akan timbul berbagai masalah kesehatan seperti sembelit, maag, dan heartburn.

4. Tekanan Darah Tinggi

Jika tubuh terhidrasi dengan baik, maka komposisi darah sangat baik dan encer. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka darah akan mengental dan rentan dengan risiko hipertensi.

Selain itu, kekurangan cairan menyebabkan pembuluh kapiler menutup, sehingga darah tidak leluasa untuk bergerak. Kondisi ini memaksa jantung berkerja keras untuk memompa darah, yang pada akhirnya juga berakibat tekanan darah tinggi.

5. Radang sendi

Air juga berfungsi untuk melumasi persendian tubuh. Kekurangan asupan air akan menyebabkan gesekan antar tulang rawan semakin besar. Kondisi ini dapat berisiko timbulnya arthritis. Konsumsi air yang cukup akan membantu pergerakan sendi dan mencegah nyeri akibat arthritis .

6. Gangguan Ginjal

Kebiasaan minum air terlalu sedikit dapat berisiko mengalami penyakit ginjal. Tugas ginjal adalah menyaring darah untuk mengeluarkan racun, sehingga darah yang diedarkan ke seluruh tubuh telah dibersihkan.

Kekurangan cairan berakibat ginjal bekerja dengan keras, dan racun dan asam akan menumpuk pada ginjal. Kondisi ini menyebabkan ginjal dan kandung kemih rentan dengan infeksi, peradangan, dan masalah lainnya. Baca: 10 Cara Mencegah Batu Ginjal.

7. Halusinasi

Jika anda sering melihat obyek yang tidak nyata dan benar-benar tidak ada, maka itu disebut halusinasi. Halusinasi disebabkan oleh kurangnya orientasi, yang sering dipicu oleh efek dehidrasi hebat. Jika anda sering mengalami halusinasi, cobalah untuk mencukupi asupan air.

8. Penurunan memori dan konsentrasi

Air sangat esensial untuk menunjang perkembangan dan aktivitas otak. Minum air putih terlalu sedikit akan mengurangi kadar cairan di otak. Kondisi ini mengakibatkan tubuh kekurangan asupan oksigen dan sel-sel otak menjadi kurang aktif, pada akhirnya daya ingat akan berkurang.

9. Mudah ngantuk

Jika anda malas untuk minum air ketika dahaga menyerang, maka rasa kantuk akan mudah menyerang tubuh. Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, maka tubuh akan menjadi segar dan tidak mudah mengantuk.

10. Pusing

Otak memerlukan cairan untuk menunjang kinerjanya. Kurang minum akan mengganggu fungsi otak. Salah satu tandanya adalah kepala terasa pusing dan sakit.

11. Radang tenggorokan

Kebiasaan minum air putih terlalu sedikit, akan menyebabkan tenggorokan terasa kering dan berisiko mengalami radang tenggorokan.

12. Nyeri saat berkemih

Jumlah cairan yang memadai, diperlukan oleh kandung kemih untuk melakukan sekresi dengan optimal. Kekurangan cairan dapat berakibat kandung kemih mengalami infeksi, sehingga timbul rasa nyeri saat kencing.


Akibat kurang minum terhadap kecantikan kulit


13. Kulit kusam dan tidak kenyal

Dengan memenuhi kebutuhan air, akan membuat kulit nampak cerah dan bersinar. Jika anda malas untuk minum air putih, maka aliran darah kapiler pada kulit menjadi kurang optimal sehingga kulit menjadi kusam dan lebih sensitif. Efek lainnya adalah kulit lebih rentan terkena iritasi, dan menjadi keriput.


Akibat kurang minum air lainnya


14. Asma dan Alergi
15. Penuaan dini
16. Kolesterol tinggi
17. Stres

Itulah 17 akibat kurang minum air putih bagi tubuh. Simak juga 19 Kebiasaan Buruk yang Membuat Cepat Tua. Cara mudah untuk mengetahui apakah asupan cairan telah dicukupi atau belum, adalah rasa haus. Jadi, ketika anda merasa haus, segera minum air hingga dahaga hilang. Tubuh yang terhidrasi dengan baik, akan membuat kita lebih sehat dan bugar.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "17 Akibat Kurang Minum Air Bagi Tubuh"

Posting Komentar