15 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil

Cara Natural Sehat - Minyak kelapa murni terbuat dari sari buah kelapa, tidak menyebabkan kolesterol tinggi. Minyak kelapa memiliki segudang manfaat kesehatan, kecantikan kulit, dan baik untuk ibu hamil. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa sangat berkhasiat untuk meningkatkan resistensi tubuh terhadap virus dan bakteri.

15 Manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan Ibu Hamil
Minyak kelapa juga mampu memacu hormon positif terhadap tiroid dan mengatur gula darah. Konsumsi minyak kelapa dengan rutin dapat membantu kinerja insulin dalam tubuh. Apa saja manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan kulit kita?

Minyak kelapa atau VCO telah digunakan sejak lama sebagai bahan masakan tradisional. Bahannya adalah santan kelapa.

Cara membuat minyak kelapa

Proses pembuatan minyak kelapa murni cukup mudah. Caranya dengan memarut buah kelapa tua, kemudian rebus santan menggunakan wajan. Selanjutnya aduk-aduk hingga mengeluarkan minyak. Ampas yang mengendap juga memiliki nutrisi tinggi, yaitu protein dengan rasa gurih dan manis.


15 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil


Minyak kelapa murni mengandung minyak jenuh berantai, yang tidak menumpuk dalam tubuh jika dikonsumsi. Lemak jenuh ini tidak mengganggu metabolisme dalam tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat minyak kelapa bagi kesehatan dan kecantikan rambut:

1. Menyehatkan jantung

Minyak kelapa dilengkapi dengan asam laurat, yang berguna untuk melindungi kesehatan jantung. Senyawa ini menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan kemuadian diubah menjadi kolesterol baik.

2. Meningkatkan energi


Minyak kelapa memiliki kalori tinggi, sehingga membantu untuk meningkatkan energi dengan cepat.

3. Mencegah penyakit hati

Minyak kelapa dilengkapi dengan trigliserida dan asam lemak yang dapat meringankan kerja hati, dan mencegah lemak menumpuk di hati.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

Penelitian menunjukkan bahwa zat keton dalam minyak kelapa menyehatkan otak. Zat ini membantu meningkatkan daya ingat. Untuk mencegah kepikunan, minum 2 sdt minyak kelapa murni setiap hari. Minyak alami ini baik untuk meningkatkan fungsi kognitif pada lansia.

5. Melawan bakteri

Minyak kelapa murni mengandung asam kaprilat, yaitu senyawa kuat yang membantu untuk melawan bakteri berbahaya dalam tubuh kita.

6. Menyeimbangkan kadar gula darah

Minyak kelapa murni mampu membuat kinerja insulin menjadi lebih dinamis dan efesien, sehingga kadar gula darah terkontrol.

7. Membantu proses penyerapan nutrisi

Dengan konsumsi minyak kelapa murni yang dipadu dengan vitamin E, penyerapan nutrisi di dalam tubuh kita menjadi lebih baik.

8. Meningkatkan imunitas

Asam laurat dalam VCO mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, dengan mengkonsumsi minyak kelapa secara rutin dapat mencegah sejumlah penyakit kronis, seperti gangguan ginjal dan empedu. Baca juga: 11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun.

9. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh

Untaian minyak jenuh sedang berantai dalam VCO, mampu melancarkan sistem metabolisme sehingga berjalan baik dan optimal.

10. Melancarkan pencernaan

Minyak kelapa diperkaya dengan mineral, vitamin, asam amino, dan memiliki sifat anti bakteri sehingga baik untuk pencernaan.

11. Melawan infeksi jamur

Minyak kelapa kaya akan asam lemak yang berperan sebagai fungisida alami bagi tubuh kita. Asam lemak ini akan menyusup ke dalam membran jamur, kemudian mematikan jamur.


Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut


12. Menumbuhkan rambut

Minyak kelapa mampu menutrisi rambut anda, dan menyumbang vitamin yang baik untuk rambut. Minyak kelapa murni yang dioleskan pada rambut dengan rutin, akan berguna untuk mencegah rambut rontok dan kebotakan. Minyak alami ini dapat memacu pertumbuhan rambut anda.

13. Melembabkan dan menghaluskan kulit

Bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif dan cenderung kering, aplikasi minyak kelapa pada kulit dan wajah anda. Jika anda melakukan perawatan ini dengan teratur, maka kulit akan menjadi lebih lembab dan halus.

14. Menurunkan berat badan

Penelitian ilmiah di tahun 2009 menunjukkan bahwa wanita dengan obesitas abdominal mengalami penurunan berat badan, ketika mereka mengkonsumsi minyak kelapa dengan rutin. Dosisnya adalah 1 sdt VCO per hari.

15. Mengobati luka

Untuk mempercepat pemulihan luka di kulit. Cukup oleskan minyak kelapa pada kulit yang bermasalah. Cara ini dapat membuat luka menutup dengan cepat.


Manfaat minyak kelapa bagi ibu hamil


VCO murni baik dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk melancarkan proses persalinan sehingga berlangsung dengan normal. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi minyak kelapa, maka ketika bayi lahir biasanya memiliki kulit yang bersih dan putih.

Minyak kelapa juga dapat menghilangkan tanda parut, dengan cara mencampurnya dengan minyak zaitun. Aplikasikan campuran ini pada perut anda, setiap pagi dan sore hari.

Nah, itulah 15 manfaat minyak kelapa bagi kesehatan, kecantikan kulit, dan rambut. Namun konsumsi minyak kelapa harus proporsional dan tidak berlebihan, untuk mencegah efek samping yang tidak diharapkan. Simak juga: 7 Manfaat Pektin untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Ibu Hamil"

Posting Komentar