12 Manfaat Alang-alang Untuk Mengobati Penyakit Berat

Ada banyak manfaat alang-alang bagi kesehatan dan pengobatan, selain untuk mengobati panas dalam. Alang-alang atau ilalang adalah rumput liar yang memiliki daun tajam dan sering dianggap sebagai gulma bagi tanaman lain. Alang-alang layak dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat, disebabkan daun dan akarnya yang memiliki sejumlah nutrisi penting.

12 Manfaat Akar Alang-alang Untuk Mengobati Penyakit Berat
Tanaman alang-alang memerlukan intensitas cahaya yang memadai, supaya dapat tumbuh dengan baik. Alang-alang (Imperata cylindrica) dapat berkembang dengan cepat, melalui benih yang terbawa oleh terpaan angin. Ilalang banyak tumbuh di area persawahan dan tepi jalan.

Fakta nutrisi pada Alang-alang

Penelitian yang pernah diadakan di Jepang menunjukkan bahwa rimpang ilalang mengandung imperanene yang bersifat agregasi trombosit, yang dapat menghambat sel pembeku darah. Efeknya sama dengan aspirin yang mampu mencegah koagulasi darah pada penderita serangan jantung.

Alang-alang juga mengandung cylendrene yang mampu mengendurkan pembuluh darah pada otot polos, sehingga melancarkan aliran darah dan zat yang disebut Graminone B yang mampu bertindak untuk mencegah penyempitan pada pembuluh darah aorta.

Akar alang-alang mengandung senyawa penting seperti tanin dan saponin. Daun ilalang mengandung senyawa penting, yaitu polifenol.


12 Manfaat Alang-alang Untuk Mengobati Penyakit Berat


Meskipun alang-alang kurang mendukung pertanian, tapi tanaman ini ikut berkontribusi dalam dunia kesehatan. Berikut ini adalah manfaatnya bagi kesehatan dan pengobatan:

1. Mengobati Asma

Untuk meredakan gejala penyakit asma, akar alang-alang cukup efektif sebagai bahan tradisional. Caranya, sediakan 100 gram akar alang-alang, 25 gram daun sirih, dan 25 gram kencur. Rebus semua bahan alami ini bersama seliter air hingga menyisakan setengah liter. Selanjutnya saring, kemudian tambahkan 1 sdt air jeruk nipis dan 1 sdm madu. Minum airnya dengan rutin, menjelang tidur malam.

2. Mengobati Radang Paru-paru

Sediakan bahan-bahan alami seperti 500 gram akar alang-alang, 10 kuntum bunga melati kering, 5 lembar daun sembung, dan sedikit garam. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya, kemudian saring. Airnya dapat diminum untuk 2 kali pemakaian, di pagi dan sore hari.

3. Mengobati Kencing berdarah


Sediakan 100 gr rimpang alang-alang, kemudian dicuci dan dipotong-potong. Rebus bersama 2 gelas air hingga airnya menyusut setengahnya. Biarkan air menjadi dingin kemudian saring dan minum airnya dengan rutin, dua kali dalam sehari.

4. Mengobati Panas Dalam

Untuk membuat ramuan tradisional, cuci rimpang alang-alang hingga bersih. Panaskan di bawah cahaya matahari, sampai menjadi kering. Tumbuk rimpang alang-alang hingga menjadi serbuk. Seduh bubuk ini bersama secangkir air panas, tambahkan madu untuk perasa. Minum airnya, untuk meredakan panas dalam.

5. Mengatasi Muntah Darah

Untuk mengobati muntah berdarah, cobalah konsumsi alang-alang. Cuci 50 gram akar alang-alang, kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum airnya, setelah dingin sampai penyakit sembuh.

6. Mengobati batu ginjal

Untuk meluruhkan dan mencegah batu ginjal, siapkan 100 gram akar alang-alang. Selain itu, sediakan juga daun meniran dan daun kumis kucing masing-masing sebanyak setengah genggam. Rebus semua bahan bersama 5 gelas air hingga airnya menyusut separuhnya. Tunggu sampai airnya dingin, kemudian saring. Minum 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak segelas. Lakukan cara ini sampai batu keluar melalui sekresi urin.

7. Peluruh urin (diuretik)

Sediakan 250 gram akar alang-alang yang telah dicuci dengan air, kemudian tambahkan gula batu. Rebus keduanya bersama 3 gelas air selama sekitar 15 menit, lalu biarkan hingga dingin. Saring dan minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak segelas.

8. Mengobati tekanan darah tinggi

Untuk mengatasi hipertensi dan melancarkan aliran darah, cobalah sari alang-alang. Cara membuatnya, sediakan manisan labu putih(tangkue) dan 200 akar alang-alang. Rebus keduanya dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa segelas saja. Setelah airnya dingin, saring dan minum dua kali dalam sehari.

9. Mengobati mimisan dan hepatitis

Untuk mengatasi kedua masalah kesehatan ini, gunakan akar alang-alang. Tumbuk rimpang alang-alang segar yang telah dicuci sebelumnya, kemudian peras untuk mengambil sarinya. Setelah airnya terkumpul sebanyak 100 cc, segera minum sampai habis.

10. Mengobati Diare

Untuk meredakan diare, rebus 250 gram rimpang alang-alang bersama 2 gelas air selama sekitar 20 menit. Minum airnya saat dingin, masing-masing segelas.

11. Mengobati penyakit prostat

Untuk mengatasi sakit prostat, rebus 500 gram rimpang alang-alang bersama 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas saja. Biarkan airnya menjadi dingin, kemudian minum setiap pagi, siang, dan malam hari.

12. Mengobati Keputihan

Untuk mengatasi masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita ini, cobalah alang-alang. Caranya, sediakan 500 gram akar alang-alang, 5 gram adas pulasari, dan 2 lembar daun pepaya. Rebus semuanya bersama 2 gelas air, hingga airnya menyusut separuh. Saring dan minum ramuan alami ini sebanyak 2 kali dalam sehari.

Nah, itulah 12 manfaat alang-alang untuk mengobati penyakit berat. Simak juga: 12 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat. Jika anda kesulitan mendapatkan akar ilalang segar, temukan di berbagai tempat yang menjual akar tanaman ini dalam bentuk ekstrak atau akar kering.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Alang-alang Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Posting Komentar