9 Manfaat Bunga Teratai Untuk Mengobati Penyakit Berat

Bunga teratai adalah tanaman air yang cantik dan memiliki segudang manfaat kesehatan. Bunga teratai (Nymphaea) memiliki daun yang mengapung mirip dengan eceng gondok, bunganya sangat indah yang menyulur dari rimpang dan berbau harum. Selain sebagai tanaman hias, teratai juga merupakan tanaman obat yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

9 Manfaat Bunga Teratai Untuk Mengobati Penyakit Berat
Daun dan bunga teratai keluar dari akarnya yang terikat pada lumpur di dasar perairan. Daunnya dilapisi lilin, berwarna hijau agak keputihan. Bunga teratai mekar sepanjang hari, mulai pagi hingga sore hari. Bunga teratai yang telah layu, maka mahkota bunga akan berjatuhan dan menyisakan pangkal bunga yang nantinya menjadi bakal buah.

Fakta nutrisi pada bunga teratai

Bunga teratai mengandung sejumlah senyawa penting yang berguna bagi kesehatan dan pengobatan. Seperti protein, asam nikotinat, karbohidrat, lemak, karoten, vitamin B1, B7, dan vitamin C. Mineral yang ada di dalam bijinya seperti kalsium, zat besi, dan fosfor.


9 Manfaat Bunga Teratai Untuk Mengobati Penyakit Berat


Bagian dari tanaman teratai yang memiliki efek farmakologis adalah semua bagian tanaman termasuk daun, tangkai, rimpang, bunga, dan biji. Jadi, bunga ini benar-benar sarat akan manfaat kesehatan. Berikut ini adalah manfaat bunga teratai untuk pengobatan:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk mengobati hipertensi secara alami, sediakan 15 gram tunas teratai dan 10gr biji teratai. Rebus keduanya bersama 350 cc air hingga airnya menyusut 150 cc. Minum dengan rutin, setiap hari tanpa bosan. Baca juga: 8 Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi.

2. Mengobati disentri

Sediakan 10 gram rimpang jahe dan 50 gram akar teratai. Keduanya dicuci kemudian dihaluskan bersama ke dalam blender berisi 100cc air. Rebus hingga mendidih, tambahkan sedikit madu setelah dingin. Aduk hingga merata, kemudian minum dengan teratur.


3. Meringankan gondokan, panas dalam, liver, dan penyakit jantung

Sediakan 50 gram akar alang-alang dan 100gr akar teratai, keduanya masih segar. Kedua bahan dicuci dan dipotong-potong. Rebus bahan bersama 500 cc air hingga airnya berkurang separuhnya. Saat airnya telah menjadi dingin, saring dan minum dengan segera.

4. Mengatasi batuk berdarah

Untuk menyembuhkan batuk berdarah, ambil rimpang teratai. Setelah dicuci dan dipotong-potong, haluskan dalam blender sehingga terbentuk 200 cc jus teratai. Minum ramuan alami ini dengan rutin, setiap hari selama seminggu.

5. Mengobati diare dan muntah

Untuk meredakan diare, sediakan 10 gram jahe dan 50 gram akar teratai. Kedua bahan dicuci, kemudian diparut atau dihaluskan dengan blender. Airnya dapat diminum, tiga kali dalam sehari.

6. Meredakan mimisan

Untuk mengobati mimisan, ambil akar teratai kemudian dicuci dan dihaluskan ke dalam blender. Teteskan airnya ke lubang hidung.

7. Mengobati Insomnia

Untuk mengatasi sulit tidur, rendam 10 gram biji teratai kemudian rebus bersama 3 gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas saja, minum airnya saat dingin dan makan bijinya. Lakukan cara ini setiap hari, hingga penyakit sembuh.


9 Manfaat Bunga Teratai Untuk Kesehatan
8. Mengobati mata bengkak, kemerahan, dan teriritasi

Taruh 9 gram bunga seruni dan 3 gram biji teratai pada kain bersih, kemudian dikukus. Biarkan menjadi dingin, kemudian terapkan pada mata. Lakukan perawatan ini, dua kali dalam sehari.

9. Meredakan stres dan depresi

Sediakan bahan-bahan alami seperti 20 biji teratai, 10 butir angco, 15 gram biji kelengkeng, dan 10 gram kim cim. Rebus semua bahan bersama 600 cc air, biarkan hingga airnya menyusut setengah dari semula. Minum airnya, setelah dingin. Anda juga dapat makan biji teratai dan angco, yang telah direbus tadi. Lakukan cara ini dengan rutin setiap hari, hingga suasana hati membaik.

Itulah 9 Manfaat Bunga Teratai Untuk Mengobati Penyakit Berat. Selain cantik, bunga ini kaya akan manfaat kesehatan. Jadi, apakah anda tidak ingin menanam bunga teratai di kolam untuk menghiasi taman bunga anda? Simak juga 12 Manfaat Teh Krisan Bagi Kesehatan.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Manfaat Bunga Teratai Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Posting Komentar