9 Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Penyakit Berat

Manfaat daun sukun untuk mengobati penyakit kronis, terkait dengan sejumlah senyawa penting di dalamnya. Mulai penyakit ringan seperti sariawan hingga penyakit berat seperti kanker dan penyakit jantung, semua dapat diatasi oleh daun sukun. Luar biasa kan? Nah, untuk mengetahui manfaat daun sukun untuk kesehatan secara lengkap, anda harus membaca artikel ini secara keseluruhan.

9 Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Penyakit Berat
Tanaman sukun (Artocarpus altilis) dapat tumbuh dengan baik pada iklim tropis, yang memiliki kelembaban udara dan curah hujan tinggi. Daun sukun berukuran besar dan berwarna hijau tua mengkilap, dengan sisi bawah yang kasar dan memiliki bulu-bulu halus.

Fakta nutrisi pada daun sukun

Daun sukun mengandung beberapa nutrisi penting, seperti kalium, asam amino esensial, riboflavin (vitamin B2), tannin, hidrosianat, polifenol, dan asteilcolin. Daun sukun juga mengandung artoindonesianin dan quercetin yang bersifat antioksidan. Berbagai senyawa penting inilah yang membuatnya layak untuk dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat.


9 Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Penyakit Berat


Berdasarkan penelitian terbaru, ternyata daun sukun efektif untuk mengobati sejumlah penyakit berat seperti diabetes, kolesterol tinggi, asam urat, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Berikut ini adalah manfaat daun sukun untuk pengobatan:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Daun sukun juga efektif sebagai penurun hipertensi. Caranya dengan minum air rebusan daun sukun yang berwarna kuning. Sifat farmakologi ini terkait adanya quercetin, phenol, dan champorol yang ada di dalam daun ini.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Daun sukun dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan menghambat penumpukan pada dinding pembuluh darah aorta.

Cara membuat ramuan alami, seduh bangle dan satu genggam daun sukun kering bersama segelas air panas. Minum airnya selagi hangat dengan rutin, setiap hari.

3. Membantu mengobati penyakit jantung


Senyawa aktif seperti flavonoid dan sitosterol yang terdapat di dalam daun sukun, berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Cara menggunakan daun sukun untuk mengobati penyakit jantung cukup mudah. Ambil daun sukun segar yang telah tua, cuci dan jemur daunnya hingga mengering. Rebus bersama 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum airnya dengan rutin, hingga sembuh.

4. Mengobati diabetes

Daun sukun memiliki efek insulin yang mampu mengontrol kadar gula darah. Senyawa flavonoid tertentu dalam daun sukun memiliki sifat anti diabetes yang kuat.

5. Meluruhkan batu ginjal

Daun sukun mengandung nutrisi penting, terutama kalium yang mampu memecah batu ginjal sehingga larut dan keluar bersama urin.

6. Mencegah kanker

Daun sukun memiliki sifat anti-inflamasi dan anti kanker, sehingga dapat mencegah kanker. Cara membuat: Rebus daun sukun ke dalam panci berisi 5 gelas air, tunggu hingga air mendidih. Tambahkan 5 gelas air dingin, setelah mendidih tambahkan lagi airnya. Saring dan minum airnya, setelah dingin. Lakukan cara ini dengan rutin setidaknya dua kali dalam seminggu.

7. Mengobati penyakit asam urat

Daun sukun juga dapat digunakan untuk mengatasi kadar asam urat yang tinggi. Caranya dengan menyeduh segenggam daun sukun kering bersama air panas. Tambahkan madu untuk mengurangi rasanya yang pahit. Minum dengan rutin sampai penyakit sembuh.

8. Mengobati pembengkakan pada limpa

Untuk mengobati limpa bengkak, ambil beberapa lembar daun sukun berwarna kuning kemudian remas hingga lumat. Balurkan pada area yang bermasalah, sebagai obat luar.

9. Mengobati panu

Untuk menghilangkan panu secara alami, gosok-gosokkan daun sukun yang telah diremas pada kulit yang bermasalah. Lakukan pengobatan alami ini dengan rutin, tiga kali dalam sehari. Dengan cara ini, biasanya panu akan lenyap dalam seminggu.

Nah, itulah 9 manfaat daun sukun untuk mengobati penyakit berat. Simak juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Mengobati Berbagai Penyakit. Sebenarnya masih banyak penyakit lain yang dapat diobati dengan ramuan daun sukun, seperti hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, dan lainnya. Kini, ekstrak daun sukun sering dikemas dalam bentuk kapsul dan teh.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Manfaat Daun Sukun Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Posting Komentar