12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan dan Pengobatan

Kenanga adalah tanaman hias dengan bunga yang beraroma wangi semerbak. Bunga kenanga (Cananga odorata) turut memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Mulai dari penyakit ringan hingga berat dapat diatasi oleh ramuan tradisional berbahan bunga kenanga. Sedangkan untuk wanita, bunga kenanga bermanfaat untuk mengatasi keputihan dan pemulihan kesehatan pada ibu hamil.


12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan dan Pengobatan
Bunga kenanga memiliki kombinasi warna antara hijau dan kuning, bentuknya mirip dengan bintang laut. Baunya yang wangi berasal dari minyak alami di dalamnya.

Fakta nutrisi pada bunga kenanga

Beberapa senyawa alami yang terdapat di dalam bunga kenanga seperti saponin, flavonoid, geraniol, polifenol, farnesol, eugenol,  linalool, kadinen, sadrol, pinen, dan minyak atsiri.


12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan dan Pengobatan


Sejak dulu, puteri keraton telah menggunakan minyak kenanga sebagai bahan lulur dan masker, untuk perawatan kecantikan mereka. Selain untuk melembutkan kulit dan wajah, di bawah ini adalah manfaat bunga kenanga untuk mengobati beberapa penyakit:

1. Mengatasi kulit kering

Ekstrak bunga kenanga juga banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan sabun, yang baik digunakan untuk mengatasi kulit kering.

2. Menghilangkan bau badan

Untuk mengharumkan bau badan yang tidak sedap, cobalah ramuan alami menggunakan bunga kenanga. Caranya cukup mudah, rebus 15 gram bunga kenanga dan gula batu secukupnya bersama 600 cc air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut setengahnya. Minum airnya dengan rutin, setiap hari.

3. Mengobati kudis

Untuk mengatasi masalah kulit ini, gunakan bunga kenanga. Pertama, tumbuk 50 gram bunga kenanga kemudian panaskan bersama minyak goreng selama beberapa saat. Oleskan ramuan ini pada kulit yang bermasalah.

4. Mengobati keputihan


Banyak wanita yang bermasalah dengan keputihan. Jangan panik, cobalah untuk mengatasi gangguan tersebut dengan air rebusan bunga kenanga dan kulit buah delima. Minum ramuan alami ini, tiga kali dalam sehari.

5. Mengurangi stres

Bunga kenanga mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan untuk bahan aromaterapi. Minyak atsiri diyakini mampu untuk memperbaiki mood (suasana hati), mengurangi gelisah, dan meredakan stres.

6. Mengobati bronkitis

Untuk mengatasi peradangan pada saluran nafas (bronkitis), buatlah ramuan alami berbahan bunga kenanga. Caranya, rebus bunga kenanga dan umbi bunga lili yang dikeringkan ke dalam panci berisi air bersih. Tunggu hingga air tersisa setengah dari semula. Minum airnya selagi hangat, dua kali dalam sehari.

7. Mengatasi gangguan saluran kemih

Sediakan bunga kenanga, daun sambiloto, daun kumis kucing, dan daun sendok. Masing-masing sebanyak 30 gram. Rebus empat bahan ini bersama seliter air hingga menyisakan ½ liter air saja. Minum airnya, di pagi dan sore hari.

8. Mengobati batuk

Untuk mengatasi batuk rejan (pertusis), sediakan bunga kenanga, kulit jeruk mandarin, dan umbi bunga lili yang sudah dijemur sebelumnya. Rebus semua bahan dengan air bersih secukupnya. Biarkan air menyusut setengahnya, minum selagi hangat.

9. Mengobati gejala hepatitis

Untuk mengatasi gejala hepatitis, sediakan 30 gram bunga kenanga, 15 gram bangle, dan 20 gram temulawak. Rebus bersama 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, minum saat hangat.

10. Meringankan gejala asma

Sesak nafas akibat gejala asma dapat diatasi dengan ramuan tradisional. Caranya, rebus ½ genggam bunga kenanga bersama 200 cc air hingga airnya tersisa 100cc saja. Setelah airnya disaring, minum dengan rutin setiap pagi dan sore hari.

11. Memulihkan stamina tubuh bagi ibu setelah melahirkan bayi

Untuk mengembalikan kondisi ibu setelah persalinan, gunakan bunga kenanga. Caranya, tumbuk bahan seperti bunga kenanga, pegatsih, kayu rapet, kunci pepet, kunyit, jalawe, jongrahab, dan jakeling. Setelah dihaluskan, seduh semua bahan bersama air panas. Minum airnya ketika masih hangat.

12. Membantu mengobati Malaria

Untuk menyembuhkan penyakit malaria, seduh 3 kuntum bunga kenanga yang telah dikeringkan bersama segelas air panas kemudian tutup dengan rapat. Saring dan minum airnya dengan rutin, selagi hangat.

Nah, itulah 12 manfaat bunga kenanga untuk kecantikan dan pengobatan. Kini, bunga kenanga termasuk tanaman yang langka dan sulit ditemukan. Sangat bagus, jika anda menanamnya di depan rumah.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kecantikan dan Pengobatan"

Posting Komentar