11 Makanan Yang Mampu Memperbaiki Mood Anda

Makanan yang mampu meningkatkan mood merupakan pembahasan yang menyenangkan. Suasana hati sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan mood yang baik, semua pekerjaan akan dilakukan dengan penuh semangat dan gembira. Namun ketika suasana hati buruk, semua aktivitas terasa membosankan. Apalagi kita sedang berlomba dengan deadline kerja, semuanya terasa sebagai beban berat.

makanan-sehat
Nah, pertanyaan yang sering muncul dalam fikiran kita, adakah makanan yang dapat memperbaiki mood? Ya, ada beberapa jenis makanan yang ternyata mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik. Makanan tidak hanya berguna untuk pembentukan energi tubuh, tetapi juga mampu mengubah mood seseorang.

Banyak orang memiliki pola makan yang buruk. Dampaknya bukan hanya rentan terhadap berbagai serangan penyakit, makanan seperti ini juga memiliki efek buruk terhadap kesehatan otak dan suasana hati. Jadi, anda sebaiknya teliti dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi.


11 Makanan Yang Mampu Memperbaiki Mood Anda


Beberapa jenis makanan mampu menimbulkan mood positif. Nutrisi dalam makanan tertentu ternyata efektif untuk menenangkan suasana hati dan membuat emosi lebih stabil. Berikut daftar makanan yang mampu meningkatkan suasana hati:

1. Buah Apel

Pektin dalam buah apel berguna untuk membuat suasana hati menjadi lebih stabil. Antioksidan dalam apel berguna untuk mendukung neurotransmitter di dalam otak.

2. Yogurt


Makanan olahan susu ini mengandung protein, kalsium, dan probiotik bakteri baik. Semua nutrisi ini berguna untuk mencegah mood buruk, depresi, dan kecemasan.

3. Bayam

Bayam dilengkapi dengan folat dan vitamin B6 yang membantu otak untuk menghasilkan neurotransmiter yang dapat meningkatkan mood. Di samping itu, bayam juga kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan konsentrasi, serta mengurangi kelelahan.

4. Kentang

Kentang diperkaya dengan folat yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah sehingga juga baik untuk menjaga suasana hati.

5. Biji Chia

Biji chia dikenal oleh orang indian kuno sebagai makanan penambah energi. Biji chia mengandung tripofan, yaitu salah satu asam animo esensial yang mampu menimbulkan mood positif dan meningkatkan konsentrasi.

6. Omega-3

Makanan yang mengandung omega-3 bermanfaat untuk mencegah depresi dan stres. Jadi, penuhi kebutuhan omega 3 setiap hari, supaya tubuh dan fikiran tetap sehat. Baca: 15 Makanan Yang Mengandung Omega 3 Terbaik.

7. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan terutama almond dan mete mengandung vitamin B12 dalam jumlah tinggi. Vitamin ini larut dalam air, yang menjaga keseimbangan tubuh dan mendukung kesehatan sel-sel saraf khususnya saraf pengatur suasana hati. Kacang-kacangan juga diperkaya dengan selenium, yang baik untuk memperbaiki mood.

8. Cokelat

Molekul psikoaktif yang ada dalam cokelat mampu membuat suasana hati menjadi lebih nyaman. Cokelat ternyata efektif dalam menunjang produksi hormon endorfin dan serotonin oleh tubuh kita. Kedua hormon ini berguna untuk meredakan depresi, kelelahan dan kemarahan.

Cokelat juga mampu memacu aktivitas otak dan mengontrol detak jantung. Cokelat adalah makanan lezat yang cocok untuk menenangkan emosi yang tidak stabil. Pilihlah cokelat hitam yang memiliki gula dengan kadar rendah. Tetapi hati-hati, makan cokelat dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kegemukan, lho.

9. Buah Berry

Buah dengan rasa asam manis ini mengandung vitamin C yang berlimpah, sehingga menimbulkan kesegaran setelah dikonsumsi. Sensasi segar yang ditimbulkan oleh buah ini mampu memberikan respon bagi otak untuk membuat mood menyenangkan, serta meredakan rasa sakit kepala akibat kelelahan.

10. Ikan

Ikan sarat dengan asam lemak esensial, yaitu omega 3 dalam jumlah tinggi. Omega 3 juga berguna untuk meredakan depresi dan memperbaiki mood yang kurang baik.

11. Semangka

Semangka sarat dengan vitamin dan air  yang melimpah. Mood buruk dapat dipicu oleh dehidrasi sehingga tubuh merasa panas dan lelah. Dengan kandungan air yang tinggi, semangka mampu mengatasi dehidrasi dengan cepat. Simak juga: 12 Manfaat Biji Semangka Bagi Kesehatan Yang Jarang Diungkap.

Hindari mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan, yang mampu menyebabkan kadar gula darah melonjak. Kadar gula darah yang tidak stabil akan merusak mood anda.

Nah, itulah 11 Makanan yang Mampu Memperbaiki Suasana Hati. Makanan apa yang paling anda sukai?

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Makanan Yang Mampu Memperbaiki Mood Anda"

Posting Komentar