9 Penyebab Pendengaran Berkurang Dan Cara Mengatasi

Telinga sebagai indra pendengaran dapat mengalami gangguan, yang menyebabkan kinerja dan fungsinya menurun. Penyebab pendengaran berkurang, harus diketahui dengan segera untuk mencegah kondisi semakin memburuk. Kerusakan pada telinga dapat terjadi di bagian dalam, tengah, atau luar.

pendengaran
Menjaga kesehatan telinga harus kita lakukan, untuk mencegah kerusakan pada alat dengar ini. Kehilangan pendengaran tentu membuat seseorang merasa malu, ketika lawan bicara harus mengulang-ulang perkataan.

Cara mengetahui tingkat gangguan pendengaran

Untuk mengetahui parah atau tidaknya gangguan pada pendengaran, dokter akan melakukan tes audiogram. Intensitas paling lemah yang dapat didengar oleh orang normal adalah sekitar 0-15 dB.


9 Penyebab Pendengaran Berkurang Dan Cara Mengatasi


Tuli sebenarnya merupakan penurunan fungsi pendengaran yang sangat parah. Suara yang masuk ke telinga akan merambat menuju koklea, yang berisi cairan. Ketika cairan ini bergetar, maka akan menggerakkan beribu-ribu rambut halus dalam telinga. Kemudian getaran suara diubah menjadi impuls saraf yang akhirnya dikirim ke otak untuk proses pengenalan suara.

Salah satu struktur telinga yang terganggu dapat menimbukan masalah pendengaran. Penyebabkan gangguan pendengaran berat seperti berikut ini:

1. Gendang telinga yang bocor


Kebocoran pada gendang telinga dapat disebabkan oleh trauma kepala, suara keras, infeksi telinga, atau masalah lain.

2. Usia

Seiring perubahan usia, biasanya struktur telinga menjadi kurang elastis. Kerusakan dapat terjadi pada rambut-rambut halus yang mengalami penurunan respon terhadap gelombang suara.

3. Infeksi telinga

Gangguan pendengaran juga dapat disebabkan oleh infeksi pada telinga,  yang pada akhirnya cairan menumpuk dalam telinga.

4. Obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat antibiotik, pereda sakit kepala, dan lainnya dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pendengaran.

5. Suara terlalu keras

Suara keras yang bersumber dari pesawat terbang atau mendengar musik lewat earphone, dapat merusak sel-sel rambut di koklea. Suara nyaring dan durasi yang lama dapat mengakibatkan kerusakan makin parah.

6. Penyakit tertentu

Tuli juga dapat dipicu oleh beberapa penyakit seperti penyakit meniere, gondok, campak, dan meningitis.

7. Benda asing masuk ke dalam telinga

Benda asing yang menyumbat lubang dalam telinga, akan mengurangi kemampuan untuk mendengar.

8. Tumor

Tumor jinak dan ganas juga dapat mengakibatkan tuli. Contohnya adalah meningioma dan neuroma akustik.

9. Faktor Genetik

Struktur telinga yang abnormal dapat terjadi sejak lahir, yang membuat seseorang tidak dapat mendengar dengan baik.

4 Jenis Gangguan Pendengaran

1. Tuli Konduktif

Gangguan pendengaran ini disebabkan gendang telinga tidak mampu menghantarkan suara dengan tepat ke telinga bagian dalam. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tumor, infeksi telinga, atau penumpukan lilin pada telinga.

Tuli konduktif umumnya bersifat sementara. Penanganan secara medis untuk masalah ini adalah alat bantu dengar, operasi bedah, atau implan telinga tengah. Sesuai dengan penyebab khusus gangguan tersebut.

2. Tuli sensorineural

Masalah pendengaran ini disebabkan oleh kerusakan pada sel rambut di dalam rumah siput (koklea). Penyebab lainnya adalah kerusakan pada saraf atau otak. Tuli sensorineural umumnya dialami oleh orang tua, akibat perubahan saraf dan sel-sel sensorik yang bersifat permanen. Gangguan ini dapat diatasi dengan alat bantu dengar, implan telinga tengah, atau pencangkokan rumah siput. Tergantung parah atau tidaknya.

3. Gangguan pendengaran saraf

Tuli ini mengakibatkan saraf auditori tidak mampu mengirim sinyal ke otak. Gangguan ini umumnya parah dan bersifat permanen. Pengobatan secara medis untuk jenis tuli ini paling sering adalah implan batang otak auditory.

4. Gangguan pendengaran campuran

Gangguan ini adalah kombinasi dari tuli sensorineural dan konduktif. Tuli ini biasanya disebabkan oleh infeksi kronis, cedera kepala, atau kelainan bawaan. Masalah ini dapat diatasi dengan pengobatan, alat bantu dengar, operasi bedah, atau cangkok pendengaran telinga tengah.

Nah, itulah 9 penyebab pendengaran berkurang. Simak juga 7 Nutrisi Untuk Menajamkan Pendengaran. Telinga adalah indera penting yang sering digunakan untuk komunikasi, mendengarkan nasihat yang bermanfaat, dan sejuta manfaat lainnya. Jadi, jagalah telinga anda sebaik mungkin.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Penyebab Pendengaran Berkurang Dan Cara Mengatasi"

Posting Komentar