16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Daun suji termasuk tanaman langka yang memiliki manfaat kesehatan, disebabkan nutrisi di dalamnya. Daun suji dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, disentri, beri-beri, dan banyak lagi. Sekilas bentuknya mirip dengan pandan, tetapi sebagai pewarna makanan maka warna yang dihasilkan oleh daun suji lebih kuat.

16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit
Perbedaan tanaman suji dengan pandan adalah ukuran daunnya yang lebih pendek. Sedangkan daun pandan lebih unggul dalam aroma yang dihasilkan.

Ciri-ciri daun suji

Suji merupakan tanaman perdu yang tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembab dan sedikit cahaya matahari. Nama ilmiah dari daun suji adalah Pleomele angustifolia dan Draceana angustifolia, tergolong ke dalam keluarga Liliaceae. Tinggi tanaman dapat mencapai 8 meter, dengan daun yang bertumpuk-tumpuk. Corak daunnya berseling dengan ujung runcing, warnanya hijau tua.

Bunga suji berbentuk tandan dengan warna putih keunguan, sedangkan buahnya berwarna hijau. Tanaman suji memiliki akar yang berwarna putih keruh.

Kandungan daun suji

Di balik rasanya yang pahit dan aromanya yang harum, daun suji mengandung beberapa senyawa penting seperti saponin, flavonoida, tannin, alkkaloid, dan polifenol. Warna hijau pekat pada daun ini menunjukkan kadar klorofil yang kuat.


16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Bukan hanya untuk memberikan warna menarik pada makanan saja. Lebih dari itu, daun suji berkontribusi di dunia kesehatan dan pengobatan. Berikut ini beberapa manfaat daun suji untuk pengobatan dan cara membuatnya:

1. Menghentikan batuk berdarah

Paru-paru yang terisi oleh cairan dapat menyebabkan batuk berdarah, yang pada akhirnya dapat berisiko gagal jantung. Konsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat. Batuk berdarah juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri pada tenggorakan. Cara tradisional untuk mengatasi batuk berdarah, salah satunya adalah menggunakan daun suji.

Tumbuk 15 lembar daun suji hingga lumat, tambahkan ½ gelas air kemudian peras untuk mendapatkan sarinya. Minum dengan rutin di pagi dan malam hari.

2. Menurunkan kadar kolesterol buruk

Daun suji mengandung saponin yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, dengan cara mengikatnya dalam aliran darah. Klorofil dalam suji berguna untuk mengatasi gejala aterosklorosis. Penting: 13 makanan yang mampu menurunkan kolesterol!

Cara membuatnya, rebus 5 lembar daun suji bersama 2 gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas, minum 3 kali dalam satu hari.

3. Mencegah sembelit

Daun suji mengandung tannin yang berperan dalam melancarkan pergerakan usus. Sistem cerna yang berjalan baik akan mencegah masalah sembelit.

4. Mengobati beri-beri

Penyakit beri-beri dapat diobati secara tradisional, salah satu caranya adalah menggunakan daun suji. Cuci 5 lembar daunnya dengan air mengalir, rebus bersama dua gelas air. Biarkan airnya menyusut segelas, minum dengan rutin setiap hari.

5. Mengobati urin bernanah


Kencing bernanah dapat diobati dengan saponin yang terdapat dalam daun suji, pandan, atau lengkuas. Saponin memiliki sifat antiseptik yang mampu melawan infeksi kuman, penyebab kencing bernanah.

Caranya, rebus 7 lembar daun suji bersama 1 ½ liter air. Setelah airnya berkurang setengah dari semula, angkat. Minum 2 gelas airnya, di pagi dan malam hari.

6. Mengobati disentri

Saponin dalam daun suji ternyata efektif untuk mengatasi disentri. Caranya, rebus 3 lembar daun ini dengan 2 gelas air hingga berkurang segelas. Minum di pagi dan sore harinya.

7. Mengatasi keracunan makanan

Daun suji memiliki sifat antiseptik, yang berguna untuk menetralkan racun yang berasal dari makanan. Cara menggunakannya, rebus 20 gram daun suji dengan dua gelas air sampai susut segelas. Minum airnya selagi hangat, untuk menenangkan perut.

8. Mengurangi nyeri haid

Salah satu masalah yang sering diderita oleh wanita adalah nyeri menstruasi. Selain menggunakan sirih, gangguan kesehatan ini dapat diatasi dengan daun suji.

Cara membuatnya, rebus 4 lembar daunnya bersama seliter air. Setelah airnya berkurang ½ liter, angkat. Minum airnya dengan takaran segelas per hari.

9. Mencegah kanker

Senyawa penting dalam daun suji efektif untuk melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker. Cukup dengan minum rebusan daunnya dan madu murni, maka radikal bebas dapat diatasi.

10. Meredakan nyeri lambung

Daun suji juga dapat digunakan sebagai obat nyeri lambung. Caranya, rebus 20 gram daunnya dengan 2 gelas air. Setelah airnya tersisa segelas, segera angkat. Minum di pagi dan malam hari, dengan takaran ½ gelas.

11. Mengatasi sakit gigi

Cukup berkumur dengan air rebusan daun suji dan minum sebagian airnya, untuk meredakan sakit gigi yang menyiksa.

12. Mengatasi gusi berdarah

Infeksi bakteri pada gusi dapat diobati dengan daun suji, disebabkan zat kimia di dalamnya yang bersifat antiseptik. Caranya, gunakan rebusan daunnya sebagai obat kumur.

13. Meredakan sakit perut

Sifat antibakteri dalam daun suji berguna untuk mematikan bakteri yang menyebabkan sakit perut. Efek farmakologis ini berasal dari tannin dan flavonoida di dalamnya.

14. Melancarkan sirkulasi darah

Polifenol dalam suji mampu merenggangkan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar. Sirkulasi darah yang berjalan secara optimal akan mencegah beberapa penyakit termasuk hipertensi, stroke, dan penyakit jantung.

15. Meningkatkan imunitas

Selain vitamin C, polifenol juga dapat bertindak untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit.


Manfaat Daun Suji Untuk Kecantikan


16. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, sehingga kulit menjadi keriput dan kusam. Nah, untuk mencegah tanda penuaan dini, maka daun suji dapat menjadi solusi tepat. Polifenol di dalam daun ini mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini. Menarik: 10 cara alami mengatasi penuaan dini!

Nah, itulah 16 manfaat daun suji untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi, tidak salah jika anda menambahkannya pada makanan untuk meningkatkan citarasa yang berkualitas.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "16 Manfaat Daun Suji Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit"

Posting Komentar