10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya

Rangga dipa merupakan tanaman obat yang mampu mengatasi berbagai jenis penyakit dan masalah kesehatan. Mulai dari gangguan ringan seperti influenza dan demam, hingga penyakit berat termasuk hernia dan TBC dapat diobati oleh tanaman ini. Mungkin anda sering melihat daun rangga dipa, tetapi belum mengenalnya karena ciri-cirinya tidak diketahui.

10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan
Nama lain dari rangga dipa adalah sekar petak, mungkin disebabkan bunganya yang berwarna putih. Sekar dalam bahasa jawa berarti bunga, sedangkan arti dari pethak adalah putih. Apakah anda punya sebutan lain untuknya?

Nama ilmiah dari rangga dipa adalah Clerodendron indicum, tergolong ke dalam keluarga verbenaceae. Tanaman ini sering merambat di pagar, atau tumbuh liar di ladang dengan intensitas cahaya matahari yang cukup atau sedang. Rangga dipa dapat tumbuh subur di dataran rendah maupun tinggi, hingga 1,2 km di atas permukaan laut.


Tinggi tanaman perdu ini dapat mencapai 3 meter, dengan batang bulat dan warnanya adalah hijau. Pohonnya berongga dengan cabang yang simpodial. Daun rangga dipa berbentuk lanset, warnanya hijau dan mengkilap. Panjang daun ini dapat mencapai sekitar 15 cm, dengan lebar maksimal 4 cm.

Ciri-ciri tanaman

Bunga rangga dipa berbentuk payung, majemuk, dengan bentuk mahkotanya seperti tabung berwarna putih. Buahnya memiliki warna coklat, dengan biji kecil berwarna hitam.

Daun rangga dipa mengandung beberapa senyawa kimia seperti alkkaloid, polifenol, dan saponin. Kulit pohon dan akarnya mengandung flavonoida dan saponin. Sedangkan akarnya saja menyimpan polifenol. Efek farmakologis dalam tanaman ini termasuk diuretik, sejuk, dan agak pahit.


10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya


Berbagai zat kimia dalam daun dan bagian tanaman lainnya, ternyata efektif untuk mengobati sejumlah penyakit. Nah, inilah manfaat rangga dipa untuk kesehatan dan cara membuat ramuan dengannya:

1. Mengatasi sesak nafas dan asma

Penanganan pada penderita asma biasanya dilakukan dengan menggunakan alat bantu pernafasan, untuk memudahkan pengidap mendapatkan asupan udara. Cara tradisional untuk mengatasi penyakit asma, salah satu adalah menggunakan metode penguapan dari daun rangga dipa. Baca juga: 10 cara mencegah asma dan pantangannya.

Pertama, cuci segenggam daun rangga dipa dengan air mengalir. Jemur di bawah cahaya matahari sampai daunnya menjadi kering. Pungut daun kering ini, gulung hingga berbentuk kerucut. Bakar ujung daunnya, hirup uap yang keluar dari ujung yang lain.

2. Mengatasi bengkak akibat rematik atau terkilir

Nyeri dan rasa sakit karena penyakit rematik tentunya sangat mengganggu rutinitas sehari-hari. Demikian pula bengkak pada bagian tubuh akibat keseleo (terkilir). Nah, untuk mengurangi gejala ini, siapkan 12 gram daun rangga dipa. Cuci daunnya dengan air bersih, rebus dengan 700 ml air. Biarkan mendidih dan airny tertinggal 500 ml saja. Saring dan biarkan airnya menjadi dingin. Minum dengan teratur, hingga gejala hilang. Baca: 8 Cara mengobati rematik secara alami.


10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya
3. Mengobati radang kandung kemih

Peradangan pada kandung dan saluran kemih dapat diobati dengan cara tradisional. Salah satunya dengan menggunakan rangga dipa. Ambil segenggam rumput lidah ular dan rangga dipa, cuci dengan air yang mengalir. Rebus dua bahan ini bersama 750 ml air hingga berkurang 500 ml. Saring dan minum larutan ini dengan rutin setiap hari, sampai sembuh.

Daun rangga dipa juga dapat digunakan sebagai obat luar, untuk mengatasi gejala rematik dan bengkak akibat keseleo. Tumbuk segenggam daunnya, hingga lembut. Terapkan pada bagian tubuh yang bengkak.


Manfaat rangga dipa lainnya


Tanaman perdu ini juga berguna untuk meringankan beberapa gangguan kesehatan, termasuk penyakit di bawah ini:

  • Nyeri karena penyakit hernia
  • Demam
  • Nyeri pada rongga mulut
  • Influenza
  • Radang tenggorokan
  • Tuberculosis paru
  • Nyeri lambung

Nah, itulah 10 manfaat rangga dipa untuk kesehatan dan cara membuat ramuannya. Budidaya tanaman ini dapat menggunakan metode stek batang. Simak juga: 22 Manfaat daun Afrika bagi kesehatan dan kecantikan. Kini, anda makin sehat dengan bunga rangga dipa.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Daun Rangga Dipa Bagi Kesehatan Dan Cara Membuat Ramuannya"

Posting Komentar