15 Bahaya Konsumsi Daging Merah Dalam Porsi Besar

Apakah anda seorang atlit atau olahragawan? Jika tidak, apa alasan anda sering mengkonsumsi daging merah? Anda tidak dilarang untuk makan daging merah, tapi dalam porsi dan frekuensi yang wajar. Sesuaikan dengan kebutuhan gizi harian.

15 Bahaya Makan Daging Merah
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa daging sapi dan kambing sangat lezat jika diolah menjadi sate, rawon, gulai, dan sebagainya. Daging merah mengandung sejumlah nutrisi gizi seperti protein, vitamin B kompleks, , lemak dan mineral. Namun konsumsi secara berlebihan dapat berubah menjadi racun bagi tubuh kita.

Pola makan sehat lebih menyarankan untuk banyak makan buah-buahan dan sayur, dimana vitamin dan mineral di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Gaya hidup modern cenderung tidak sehat, dengan berbagai menu harian yang berbahan daging merah.


15 Bahaya Konsumsi Daging Merah Dalam Porsi Besar


Ubah pola makan anda jika selama ini terlalu banyak mengkonsumsi daging merah. Anda akan mudah untuk melupakan rasanya yang enak, setelah mengetahui bahaya konsumsi daging merah secara terus-menerus. Nah, inilah beberapa penyakit berbahaya yang dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk tersebut:

1. Konstipasi (Sembelit)

Daging merah merupakan salah satu makanan yang butuh waktu lama untuk dicerna dalam tubuh, disebabkan tinggi lemak tapi miskin serat. Komposisi ini membuat usus besar harus bekerja berat, terutama saat melakukan gerakan peristaltik. Dampak buruknya terhadap pencernaan adalah sulit mendorong kotoran untuk dikeluarkan. Masalah kesehatan yang umum akibat keadaan ini seperti sembelit dan wasir. Pelajari: 7 Cara Mengobati Sembelit Menggunakan Bahan Alami

2. Penyakit kolesterol tinggi

Tingginya kadar lemak yang dikandung oleh daging merah dapat menyebabkan naiknya tingkat kolesterol buruk dalam tubuh. Penyuka sate dan rawon seharusnya menyadari fakta kesehatan ini. Jika kadar kolesterol mengalami kenaikan, dapat menyebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah.

3. Pembuluh darah menjadi keras (Aterosklerosis)

Penelitan menemukan bahwa senyawa karnitin akan menumpuk dalam tubuh, dengan konsumsi daging merah berlebih. Senyawa ini dapat mengakibatkan pengerasan pembuluh darah. Kondisi buruk ini dapat memicu penyumbatan arteri dan gangguan jantung. Bahaya paling buruk saat karnitin masuk ke dalam usus, dapat memicu berkembangnya bakteri berbahaya. Pelajari: Cara Mengobati Aterosklerosis Secara Alami

4. Tekanan darah tinggi

Konsumsi daging kambing secara berlebih dapat memicu risiko penyakit hipertensi. Makanan yang mengandung kolesterol dan lemak dalam jumlah tinggi ini, dapat menyebabkan penyempitan arteri jika dikonsumsi secara terus-menerus. Dapat anda bayangkan arteri sempit yang harus mengalirkan darah dalam jumlah besar! Bahaya yang sangat mungkin terjadi adalah tekanan darah tinggi. Baik untuk anda: Daftar Makanan Penurun Hipertensi

5. Kanker usus besar


Memasak daging merah terlalu lama atau menyimpannya dalam kemasan tertentu, dapat memacu terbentuknya nitrosamine. Zat ini merupakan racun yang dapat menimbulkan kanker di usus besar. Untuk mencegahnya, kurangi konsumsi daging merah dan perbanyak asupan serat.

6. Mengurangi kekebalan tubuh

Kandungan gula alami dalam daging merah dapat berubah menjadi racun bagi tubuh, ketika bercampur dengan enzim pencernaan. Hal ini terjadi jika anda mengkonsumsi makanan ini secara berlebih. Racun tersebut pada akhirnya akan menurunkan imunitas tubuh. Keluhan yang mungkin terjadi seperti peradangan.

7. Gagal ginjal

Bakteri Eschericia coli mungkin saja terdapat dalam daging merah yang tidak diolah dengan bersih dan sehat. Jika bakteri ini masuk ke dalam usus, dapat menimbulkan diare dan sakit perut. Tanpa penanganan cepat, kondisi ini dapat berakibat gagal ginjal.

8. Obesitas

Kebutuhan lemak harian tidaklah besar. Jika anda makan daging merah dalam porsi besar, maka lemak tidak digunakan oleh tubuh melainkan disimpan sebagai jaringan lemak. Tubuh yang gemuk rentan dengan berbagai jenis penyakit berbahaya.

9. Diabetes tipe 2

Kebanyakan makan daging merah menyebabkan tubuh mendapat asupan lemak berlebih. Penyebabnya adalah glikemik tinggi di dalam makanan ini. Untuk memecah lemak dibutuhkan insulin dalam kadar tinggi. Ketika pankreas tak mampu memenuhi kebutuhan insulin, risikonya adalah diabetes tipe-2.

10. Tulang keropos

Daing merah mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Jika anda makan daging setiap hari dalam porsi besar, maka lemak jenuh yang terkandung dalam makanan ini akan menghambat penyerapan kalsium. Padahal mineral penting ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang.

11. Penyakit Alzheimer

Daging merah mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat menumpuk di otak, yang pada akhirnya akan mengganggu sistem saraf pusat. Bahaya yang mungkin terjadi adalah penyakit Alzheimer. Simak juga: 5 Cara Efektif Untuk Mengatasi Kepikunan Dini

12. Endometriosis

Lemak jenuh dalam daging merah jika dikonsumsi secara terus-menerus akan mengganggu sistem hormon. Wanita yang mengalami menstruasi harus hati-hati dalam hal ini. Penumpukan jaringan folikel dalam rahim dapat meningkatkan risiko penyakit endometriosis

13. Penyakit jantung

Pengerasaan pembuluh darah dapat disebabkan oleh senyawa karnitin, seperti disebutkan sebelumnya. Jika kondisi ini berlanjut dapat memicu risiko penyakit jantung.

14. Penyakit sapi gila

Kebiasaan konsumsi daging sapi secara berlebihan rentan dengan risiko penyakit sapi gila, dimana virus yang menyerang sapi punya peluang untuk menular kepada manusia.

15. Penyakit stroke

Kenaikan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam tubuh akan menurunkan kinerja sistem pembuluh darah. Tumpukan plak dalam pembuluh darah akan menyebabkan aliran darah dan oksigen ke bagian otak menjadi tidak lancar. Bahaya yang paling buruk adalah adalah rusaknya sel saraf pada otak. Jika aliran darah ke otak mengalami sumbatan, yang terjadi adalah penyakit stroke. Tahukah anda: 7 Makanan Pantangan Bagi Penderita Stroke

Nah, itulah 15 bahaya konsumsi daging merah dalam porsi besar. Jadi, sangat disarankan bagi anda untuk tidak makan daging secara terus-menerus dalam porsi besar. Proporsional dalam mengkonsumsi makanan merupakan salah satu pola hidup sehat, yang tentunya berakibat baik bagi tubuh anda. Semoga sehat dan bugar selalu!

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Bahaya Konsumsi Daging Merah Dalam Porsi Besar"

Posting Komentar