9 Jenis Penyakit Degeneratif Dan Cara Mengatasinya

Kini sehat - Tahukah anda apa yang disebut penyakit generatif? Mungkin anda mengira bahwa penyakit ini hanya dialami oleh orang tua. Asumsi seperti itu kurang tepat. Memang gangguan kesehatan ini pada umumnya terjadi pada lansia, tapi tidak menutup kemungkinan dialami juga oleh anak muda.

keyword2
Perlu anda ketahui, bahwa ada penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Tapi ada juga penyakit yang tidak diakibatkan oleh infeksi, seperti defisiensi gizi (kurang gizi) dan penyakit degeneratif. Keduanya menyebabkan sistem organ tubuh tidak dapat berjalan baik.

Penyakit degeneratif disebabkan oleh penurunan fungsi organ dalam tubuh seseorang, sehingga imunitas menurun. Faktor penyebabnya adalah usia, ataupun gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab penyakit degeneratif lainnya seperti kurang aktif secara fisik, malas berolahraga, dan pola makan yang tidak sehat dalam jangka panjang.

Gejalanya termasuk kondisi tubuh yang memburuk, banyak kerusakan jaringan tubuh, stamina menurun, dan sebagainya. Cara mengobati penyakit degeneratif dapat dilakukan secara medis dengan saran dokter. Namun, juga dapat diatasi dengan obat-obatan tradisional dan tentu saja dengan meninggalkan gaya hidup yang tidak sehat.


9 Jenis Penyakit Degeneratif Dan Cara Mengatasinya


Sebelum terlambat, sebaiknya atasi penyakit degeneratif dengan tepat dan cepat. Jika kondisi tersebut dibiarkan saja, maka dampaknya buruk bagi kesehatan bahkan sangat fatal. Nah, berikut ini adalah berbagai jenis penyakit degeneratif dan cara mencegahnya:

1. Penyakit Alzheimer

Kepikunan sering menyerang di usia senja. Untuk mengatasi penyakit degeneratif ini, perbanyak konsumsi ekstrak ginko biloba, bawang putih, sage, akar valerian, vitamin E, asam folat, dan vitamin B12.

Cegah Alzheimer dengan menghindari makanan yang mungkin merkuri. Logam berbahaya ini dapat menurunkan fungsi kognitif. Bermain teka-teki silang maupun puzzle dapat membantu untuk menunda terjadinya penyakit Alzheimer. Lainnya: 5 Cara Efektif Mengatasi Pikun Dini

2. Kanker

Penyebab penyakit kanker bukan saja faktor genetik, tapi pola hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab utama. Faktor penyebab kanker lainnya termasuk radiasi berbahaya.

Cara mencegah kanker dapat anda lakukan dengan menghindari makanan tidak sehat, rutin mnum teh hijau, ginseng, buah dan sayur yang kaya lycopene, rajin berolahraga, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, baca: Cara Mencegah Kanker yang efektif.

3. Penyakit Parkinson

Penyakit degeneratif ini ditandai dengan kondisi tubuh penderita yang tidak mampu mengontrol aktivitas otot-otot tubuh. Untuk mencegah parkinson, perbanyak asupan buah, sayur hijau, ikan, unggas, kacang, dan sereal. Lakukan olahraga ringan secara teratur, serta hindari stres dan depresi. Perlu dibaca: 10 Cara Cepat Mengatasi Stres Secara Alami

4. Diabetes

Penyebab diabetes adalah kadar insulin yang tidak terkontrol. Faktor pemicunya termasuk kerusakan pada pankreas, darah tinggi, kegemukan, stres berat, dan pola hidup tidak sehat.

Ubahlah pola makan anda, perbanyak makanan kaya serat termasuk apel, jeruk, apricot, kemangi, dan bit. Jauhi minuman bersoda dan sejenisnya. Selengkapnya, silahkan baca: 7 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

5. Osteoporosis


Tulang yang rapuh biasanya dialami pada orang tua. Cegah penyakit degeneratif ini dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya kalsium, zat besi, tembaga, seng, magnesium, mangan, dan selenium. Mineral penting ini dapat ditemukan pada bayam, salmon, collard hijau, sarden, dan yoghurt. Hindari kebiasaan buruk, ataupun olahraga dengan intensitas terlalu berat.

6. Aterosklerosis

Kondisi tubuh dimana plak dan kolesterol menumpuk pada arteri dan pembuluh darah. Gangguan kesehatan ini dapat memicu serangan jantung atau stroke secara mendadak.

Cara mencegahnya dengan menjauhi makanan yang dapat menaikkan kadar LDL. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak makanan yang dapat menaikkan kadar HDL. Perbanyak asupan buah, sayur, dan biji-bijian.

Akan lebih baik jika anda menggunakan minyak biji rami atau zaitun. Kurangi asupan makanan manis, asin, kafein, nikotin, bahan pengawet. Beberapa makanan yang membantu untuk mengatasi atherosclerosis termasuk buah bit, peterseli, bawang putih, bawang merah, dan buah-buahan yang kaya vitamin C.

7. Multiple sclerosis

Penyakit autoimun, dimana sistem antibody justru menyerang selaput pelindung saraf pusat (myelin), saraf mata, dan saraf tulang belakang. Wanita lebih rentan terkena penyakit degeneratif ini. Gejalanya seperti gangguan penglihatan dan orientasi.

Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Para ahli kesehatan menduga bahwa penyebabnya adalah faktor keturunan, infeksi virus, dan defisiensi vitamin D.

Cara mencegah multiple sclerosis (MS) dengan mengurangi asupan protein hewani juga susu. Perbanyak konsumsi ikan, kedelai, kunyit, jahe, kenari, biji rami, minyak zaitun, dan gandum. Rutinlah berolahraga dan hindari stres.

8. Rheumatoid Arthritis

Nyeri tulang dan sendi juga merupakan salah satu dari jenis penyakit degeneratif. Untuk mengatasi rheumatoid arthritis, perbanyak makanan yang dapat meredakan pembengkakan tubuh seperti sayur hijau, makanan yang kaya vitamin C dan silicon.

Rutin berolahraga sangat membantu untuk mencegah risiko rheumatoid. Penderita sebaiknya menghindari konsumsi merica, telur, dan tomat.

Ada sekitar 50 penyakit degeneratif yang diketahui. Beberapa jenis penyakit yang belum disebutkan termasuk dislipidemia, penyakit kardiovaskuler, osteoarthritis, penyakit gangguan mental, ataksia friedreich, kanker usus, kanker kulit, kaker prostat, dan lainnya.

9. Distrofi otot

Penyakit genetik ini dapat berakibat otot rangka melemah secara progresif. Gerakan tubuh penderita menjadi tidak terkontrol dengan baik. Cara mencegah distrofi otot dengan mengurangi minuman berkafein, minuman keras, dan nikotin.


Tips mencegah penyakit degeneratif


Jalani pola hidup sehat, hindari kebiasaan buruk.
Berikan ASI eksklusif pada bayi anda hingga 4-6 bulan.
Kurangi makanan berminyak dan lemak.
Konsumsi karbohidrat hanya ½ dari total kebutuhan energi harian anda.
Penuhi kebutuhan zat besi harian.
Jangan lewatkan sarapan pagi, konsumsi garam beryodium.
Perbanyak minum air putih.
Berolahraga secara rutin dan teratur.

Nah, itulah jenis-jenis penyakit degeneratif dan cara mencegahnya. Dengan mengatur pola hidup anda, akan menentukan awet tidaknya kesehatan tubuh kita. Semoga tetap sehat dan bugar hingga usia lanjut. Tahukah anda: 10 Cara Alami Mengatasi Penuaan Dini

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Jenis Penyakit Degeneratif Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar