12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa

Tahukah anda tentang manfaat kenikir untuk kesehatan? Banyak orang mengetahui daun kenikir hanyalah nikmat saat disantap bersama pecel atau sebagai urap saja. Tapi sedikit orang yang mengenal sayur ini sebagai bahan alami yang mampu mengatasi penyakit berat seperti kanker. Dari segi kecantikan, kenikir berguna untuk mencegah penuaan dini terkait nutrisi di dalamnya. Nah, apa saja khasiat dari lalapan ini? Simak bersama yuk.

12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa
Nama ilmiah dari kenikir adalah Cosmos caudatus, tergolong keluarga Asteraceae. Tinggi tanaman tropik ini dapat mencapai sekitar 1 meter, dengan bunga berwarna kuning atau ungu.

Apa saja kandungan kenikir?

Senyawa penting yang terdapat dalam daunnya seperti saponin, minyak atsiri, poliffenol, terpenoid, dan flavonoida. Kenikir juga mengandung nutrisi gizi dan non gizi seperti kalsium, protein, magnesium, karbohidrat, dan, lemak.

Studi ilmiah menemukan antioksidan dalam kenikir setara dengan antioksidan yang berasal dari 2400 mg vitamin C. Sifat ini bersumber dari 20 jenis senyawa dari golongan proantosianidin. Antioksidan ini juga berasal dari 4 jenis senyawa quercetin, yang tidak kalah dibandingkan dengan vitamin E (Tokoferol).


12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa


Setelah mengetahui kandungan daun kenikir, tidak heran jika sayur ini mampu untuk mengatasi berbagai jenis penyakit ringan dan berat. Nah, inilah khasiat kenikir yang luar biasa:

1. Menghilangkan bau mulut

Daun kenikir juga dilengkapi dengan koniferil yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab bau mulut. Kunyah daunnya sampai lembut, kemudian berkumur dengan air bersih.

2. Sebagai obat penyakit maag

Tokoferol dan senyawa lainnya dalam daun kenikir berguna untuk menetralkan asam lambung. Dengan mengkonsumsi sayur ini sebagai lalapan atau direbus sebelumnya, dapat menguatkan otot sphingter lambung. Jadi, lambung anda lebih terlindungi dengannya. LEbih lengkap: 6 Cara mengobati naiknya asam lambung

3. Mencegah Infeksi


Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak kenikir mampu membunuh jamur dan bakteri penyebab penyakit pada saluran cerna.

4. Melawan kanker

Antioksidan dan senyawa penting seperti terpenoid, saponin, dan flavonoid yang tersimpan dalam daun kenikir efektif untuk melawan kanker. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah oleh senyawa ini termasuk kanker lambung, kanker hati, dan lainnya.

5. Sebagai obat mastitis

Peradangan dapat dikurangi oleh anti-inflamasi dan terpenoid yang terdapat dalam daun ini. Untuk meredakan bengkak pada bagian tubuh tersebut, layukan daun kenikir dengan api kecil. Tempelkan pada bagian tubuh yang terasa nyeri, saat daun masih hangat

6. Menguatkan tulang

Daun kenikir mengandung magnesium dan kalsium yang berlimpah, dimana keduanya dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat.

7. Membersihkan toksin dalam tubuh

Antioksidan terutama dari vitamin E yang tersedia di dalam kenikir berkhasiat untuk menetralkan racun dalam darah.

8. Mengatasi gondongan

Radang tonsil dapat diobati dengan cara tradisional. Lumatkan daun kenikir, campur dengan cuka. Balurkan pada leher yang bengkak. Lakukan pengobatan ini, 3 kali sehari.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin E dan A dalam daun kenikir berkhasiat untuk mendongkrak imunitas tubuh. Selain itu, protein dalam sayur ini dibutuhkan dalam pembentukan fagosit untuk sistem kekebalan.

10. Menambah nafsu makan

Jika anda kehilangan nafsu makan, cobalah makan daun kenikir sebagai lalapan segar. Quercetin di dalamnya mampu meningkatkan selera makan yang hilang, khususnya pada anak-anak.

11. Mengobati lemah jantung

Antioksidan dan zat flavonoid yang ada dalam kenikir bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, serta melancarkan sirkulasi darah. Zat ini juga berperan dalam menguatkan pembuluh darah dan otot jantung.


Manfaat Daun Kenikir Untuk Kecantikan


12. Mencegah penuaan dini

Beberapa jenis vitamin dan antioksidan dalam kenikir juga bermanfaat untuk melawan dampak radikal bebas, yang dapat memicu penuaan dini. Dengan rutin makan sayur kenikir, dapat mencegah keriput muncul di kulit anda lebih awal. Sehingga anda akan terlihat awet muda. Menarik untuk dipelajari: 10 Cara mengatasi penuaan dini

Nah, itulah 12 manfaat daun kenikir yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan. Kini, anda lebih mengenal sayur ini sebagai salah satu makanan sehat dan bergizi.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Kenikir Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa"

Posting Komentar