5 Cara Merawat Kecantikan Dengan Minyak Aprikot

Aprikot memiliki nama ilmiah Prunus armeniaca, masih kerabat dekat dengan plum. Buahnya yang cantik dan segar punya segudang manfaat kesehatan dan kecantikan. Ekstrak biji aprikot dapat menghasilkan apricot kernel oil. Minyak biji aprikot sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.


5 Cara Merawat Kecantikan Dengan Minyak Aprikot
Fakta nutrisi Aprikot

Buah aprikot kaya akan berbagai vitamin seperti vitamin A, niasin, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E.

Buah ini juga dilengkapi dengan mineral penting seperti kalium, tembaga, mangan, fosfor, dan magnesium. Aprikot juga memiliki banyak serat baik, tidak kalah dibandingkan dengan buah lainnya.

5 Cara Merawat Kecantikan Dengan Minyak Aprikot


Manfaat minyak biji aprikot untuk kecantikan kulit dan rambut

a. Melembutkan kulit


Cukup dengan mengoleskan pada kulit wajah atau bagian tubuh lainnya, untuk membuatnya menjadi lembut. Tambahkan minyak zaitun atau minyak almond, jika digunakan sebagai minyak pijat. Agar kulit lebih mulus, tuangkan beberapa tetes minyak biji aprikot ke dalam bak mandi yang berisi air hangat.

b. Melembabkan kulit

Minyak biji aprikot diperkaya dengan asam linoleat, asam lemak esensial, dan asam oleat. Minyak ini juga dilengkapi dengan vitamin A dan vitamin E. Semua nutrisi ini sangat bermanfaat untuk melembabkan kulit, menjadikannya lebih halus dan lentur. Sebagai lotion ataupun krim, minyak biji aprikot dapat mengatasi kulit kering dan teriritasi akibat sering terkena paparan sinar matahari.

c. Sebagai minyak pijat

Minyak biji aprikot sangat cocok dipadukan dengan minyak lain, sehingga meratakan minyak pijat pada kulit. Minyak ini dapat diserap dengan baik oleh kulit, sehingga cocok untuk aromaterapi.

d. Mengobati iritasi pada kulit

Asam linoleat dan asam oleat yang terdapat di dalamnya memiliki anti peradangan, yang mampu merawat kulit berjerawat dan sensitif. Campurkan minyak aprikot dengan minyak pohon teh dan minyak lavender, oleskan pada kulit berjerawat.

e. Melembutkan rambut

Minyak biji aprikot bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut dan berkilau alami, serta memberikan kelembaban pada akar rambut. Panaskan minyak biji aprikot selama beberapa saat, letakkan di telapak tangan. Setelah telapak tangan menjadi basah oleh minyak, pijat kulit kepala dan rambut selama 10 menit. Biarkan minyak melekat pada rambut selama semalaman, kemudian bilas dengan shampo pada keesokan hari. Baca: 6 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Bahan Alami!


6 Manfaat buah Aprikot untuk pengobatan


1. Menguatkan tulang

Semua mineral yang dibutuhkan oleh tulang untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatan. Buah aprikot dilengkapi dengan kalsium, mangan, fosfor, tembaga, dan zat besi. Semua mineral ini membentuk materi penyusun tulang. Makan aprikot dengan rutin akan mencegah tulang keropos (osteoporosis).

2. Mengobati Sembelit

Serat yang ada di dalam buah ini baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat berfungsi untuk membuat sistem pencernaan lebih mudah menyerap nutrisi dan memecah makanan. Serat juga menyebabkan gerakan peristaltik lebih aktif, dan meringankan pergerakan usus.

3. Menyehatkan Jantung

Aprikot mengandung vitamin C, kalium, dan serat. Ketiga nutrisi ini melindungi jantung dari penyakit aterosklerosis dan stroke. Kalium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, sedangkan serat akan mengurangi tekanan pada jantung.

4. Mengobati Demam

Aprikot memiliki anti-inflamasi yang dapat menormalkan suhu tubuh, sehingga meredakan demam. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya dengan dikukus. Aprikot juga efektif dalam meredakan peradangan, seperti penyakit arthritis.

5. Mengatasi Sakit telinga

Untuk mengobati sakit telinga, teteskan sedikit minyak aprikot ke dalam telinga. Cara ini efektif untuk mengobati sakit telinga dengan cepat. Efektivitas ini kemungkinan disebabkan oleh antioksidan di dalamnya.

6. Mencegah dan mengobati Anemia

Mineral penting yang dimiliki aprikot seperti zat besi dan tembaga, dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin. Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi, sehingga tuubh sering lelah dan pusing. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan kerusakan sistem organ tubuh. Konsumsi aprikot secara rutin akan membantu untuk mengatasi penyakit kurang darah.

Itulah Manfaat minyak Aprikot untuk kecantikan kulit dan pengobatan terhadap beberapa jenis penyakit. Baca juga: 5 Kesalahan Perawatan Kecantikan Yang Justru Merusak Kulit! Jaga selalu konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, dan jauhi pola makan yang tidak sehat.

foto via harvesttotable.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Cara Merawat Kecantikan Dengan Minyak Aprikot"

Posting Komentar