11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui

Sobat kinisehat, tentu anda merasa tersiksa ketika mengalami cegukan. Bahkan orang di dekat anda pun merasa sangat terganggu dengan suara cegukan. Nah, bagaimana cara menghilangkan cegukan yang terus-menerus pada orang dewasa? Faktor penyebab, pencegahan dan cara mengobati cegukan akan dibahas dengan lengkap pada artikel ini.

Cegukan dapat menyerang secara tiba-tiba, tanpa mengenal waktu dan tempat. Cegukan (Singultus) tidak memandang usia, baik bayi maupun orang dewasa dapat mengalami gangguan ini.


11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui
Penyebab Cegukan

Cegukan (hiccups atau hiccough) timbul sebagai akibat kontraksi diafragma, yaitu otot di bawah paru-paru yang menyekat rongga perut dan dada. Ketika otot ini mengalami kejang, maka pita suara akan menutup secara cepat dan menimbulkan bunyi. Cegukan mirip dengan kegagapan yang mengakibatkan kesulitan berbicara.

Kenapa diafragma mengalami kontraksi secara tiba-tiba? Kondisi ini dapat dipicu oleh aktivitas makan atau minum dengan tergesa-gesa, sehingga pernafasan terganggu. Penyebab berikutnya adalah konsumsi makanan panas atau dingin. Kebiasaan ini dapat mengganggu kinerja lambung. Faktor penyebab lainnya seperti minuman berkarbonasi tinggi dan perubahan emosi secara mendadak, misalnya menangis setelah tertawa dan sebagainya.

Meskipun tidak berbahaya, namun perlu waspada dengan cegukan yang berkepanjangan dan berkala. Kondisi seperti ini mungkin merupakan gejala awal penyakit tertentu, seperti gejala stroke, tumor otak, infeksi pada saraf otak, herpes yang mengganggu saraf tepi, kekurangan elektrolit, kelainan ginjal karena uremia, gangguan metabolik pada penderita diabetes, atau pengaruh obat-obatan steroid dan obat tidur.


11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui


1. Menjungkirkan Badan

Untuk menyembuhkan cegukan dengan cepat, tirukan gerakan yang sering dilakukan oleh vic zhou. Jika anda sering nonton meteor garden, maka tidak perlu dijelaskan. Bagi yang belum mengerti, caranya adalah membalikkan posisi tubuh sehingga kaki berada di atas. Cara ini sering dilakukan olehnya untuk menahan tangis, tetapi juga efektif dalam meredakan cegukan.


2. Minum air putih dengan cara khusus

Caranya, ambil segelas air putih kemudian taruh di depan mulut anda. Miringkan gelas ke depan dan tundukkan kepala anda. Minumlah air sedikit demi sedikit melalui bibir gelas yang jauh dari bibir anda.

Cara lainnya adalah menahan air dalam mulut dengan posisi berdiri tegak. Gerakkan tubuh anda secara perlahan, sehingga menunduk seolah-olah akan mencium lutut. Telan air secara perlahan-lahan bersamaan dengan gerakan badan yang ditegakkan kembali.

3. Cobalah Tehnik Pernafasan

Ambil nafas panjang, kemudian tahan selama 10 detik. Cara ini akan menyebabkan karbondioksida dalam paru-paru melimpah, sehingga diafragma akan menjadi lebih rileks. Ketika diafragma menjadi tenang, maka cegukan sembuh.

4. Gunakan Gula Pasir

Dongakkan leher ke belakang, letakkan 1 sdt gula pasir pada lidah. Biarkan gula meleleh di lidah. Telan larutan gula yang bercampur dengan air liur, kemudian minumlah sedikit air putih.

5. Menekan Telapak Tangan

Gunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan dengan agak keras. Cara ini efektif dalam mempengaruhi sistem saraf, sehingga menghilangkan cegukan.

6. Menekan Titik di Kepala

Tekan area lembut di bawah dasar tengkorak, yang terletak di belakang telinga anda selama 20 menit. Cara ini akan membuat saraf vagus yang terhubung ke diafragma menjadi santai, sehingga cegukan hilang.

7. Menekan Langit-langit Mulut

Gunakan jari tangan untuk menekan langit-langit mulut, kemudian pijat dengan lembut dan hati-hati. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan cegukan dengan cepat.

8. Gunakan Minyak Kayu Putih

Oleskan minyak kayu putih pada area leher sampai perut. Cara ini berguna untuk melonggarkan pernafasan, sehingga cegukan mudah sembuh.

9. Makan Selai Kacang

Selai kacang akan terasa lengket di lidah, sehingga mengubah irama pernapasan. Selain lezat, selai kacang juga efektif untuk mengobati cegukan.

10. Mengunyah Asinan Jeruk Nipis

Dengan mengunyah asinan jeruk nipis atau irisan lemon segar dapat mempengaruhi pola impuls saraf vagus, yang pada akhirnya dapat menghilangkan cegukan dengan cepat.

11. Menjulurkan Lidah

Buka mulut lebar-lebar, kemudian julurkan lidah anda. Cara ini mampu menstimulasi pita suara (glotis) menjadi terbuka, sehingga melancarkan nafas dan meredakan kejang yang pada akhirnya menyembuhkan cegukan.

Itulah 11 cara menghilangkan cegukan dengan mudah dan cepat. Jika cegukan masih berlanjut, segera periksakan ke dokter spesialis THT. Mungkin dokter akan memberikan obat pereda cegukan seperti metoclopramide, chlorpromazine atau lainnya. Simak juga: 10 Cara Mengobati Asma Dengan Bahan Alami Dan Akupuntur. Semoga cegukan yang sedang anda alami segera sembuh dan tidak kambuh lagi.

foto by facebook via huffpost.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Cara Cepat Menghilangkan Cegukan Yang Jarang Diketahui"

Posting Komentar