10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras lebih sulit daripada cara mencegahnya. Jadi, supaya gigi tetap sehat maka perawatan harus dilakukan sejak dini, supaya tidak mudah keropos. Plak gigi tidak hanya menimbulkan masalah percaya diri, namun bau mulut dan warna coklat menjadi masalah yang cukup serius.

10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu
Perlu diketahui bahwa karang gigi tidak dapat dihilangkan, hanya dengan obat kumur dan menggosok gigi secara teratur. Namun, ada beberapa bahan alami yang efektif untuk melenyapkan plak gigi.

Perlu ditekankan di sini, bahwa cara alami memerlukan rutinitas dan sedikit kesabaran supaya hasilnya memuaskan. Cara yang akan dibahas pada artikel ini tidak menimbulkan rasa ngilu, dan lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya.

Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi

Plak gigi yang menempel pada pinggir gusi dapat berkembang menjadi karang (kalkulus gigi). Plak ini akan menyebabkan radang gusi, jika dibiarkan tanpa perawatan yang benar. Untuk mencegah timbulnya karang, ikuti tips di bawah ini:

1. Gunakan sikat gigi elektrik

Sikat gigi elektrik lebih efektif untuk mencegah plak dan karang gigi daripada sikat gigi biasa.

2. Benang gigi

Untuk membersihkan sisa makanan yang menempel, benang gigi terkadang menjadi pilihan yang baik.


3. Perbanyak Berkumur

Semakin sering anda berkumur dengan air bersih yang bebas kapur, maka gigi akan terhindar dari plak. Berkumur sebaiknya dilakukan setidaknya lima kali dalam sehari. Anda juga dapat berkumur dengan mouth wash untuk mencegah karang gigi. Alternatif lainnya adalah campuran dari air daun sirih dan air garam.

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayuran mengandung banyak serat dan vitamin. Vitamin bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur yang mampu mencegah timbulnya plak gigi.

5. Perbanyak minum air putih

Kurangi minum kopi atau minuman manis yang dapat meninggalkan noda di gigi. Kebiasaan minum 8 gelas air putih setiap hari, lebih baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah karang.

6. Pemeriksaan ke dokter dengan rutin

Dengan mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali, akan mudah mengetahui kondisi gigi anda. Dokter pun lebih mudah untuk memberikan penanganan yang tepat.

Pembersihan karang gigi dengan bantuan dokter tidak akan merusak gigi. Namun, terkadang timbul ngilu karena leher gigi yang awalnya tertutup oleh karang menjadi terbuka. Pendarahan ringan sering terjadi pada gusi yang menjadi sensitif, tapi ini akan berhenti setelah karang gigi dibersihkan. Baca juga: 11 Cara Mengobati Sakit Gigi Menggunakan Bahan Alami.

7. Menyikat gigi dengan menggunakan siwak

Bersiwak adalah menggosok gigi menggunakan ranting tanaman miswak (Salvadora Persica). Siwak mengandung zat penting yang mampu membersihkan plak gigi, seperti natrium, kalium, kalsium oksida, dan sodium bikarbonat.


10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu


Karang gigi menjadi penyebab hilangnya gigi yang paling sering terjadi, setelah karies (gigi berlubang). Karang gigi adalah sarang yang nyaman bagi bakteri. Bahkan pada sebagian kasus yang parah, dapat memicu penyakit jantung. Untuk mengatasi masalah ini, simak cara alami berikut ini:

1. Cengkih

Tumbuk cengkih sebanyak 7 butir, gunakan sebagai scrub bagi karang gigi. Berkumur dengan air dan bubuk cengkih juga dapat mengharumkan bau mulut.

2. Kulit Jeruk

Untuk menghilangkan plak gigi yang membandel, gosokkan kulit jeruk sebelah dalam pada gigi. Cara ini juga efektif untuk menghilangkan bau mulut secara alami.

3. Strawberry

Makan buah strawberry yang kaya akan vitamin C akan memudahkan karang gigi terkikis dengan cepat.

4. Biji Wijen

Mengunyah biji wijen dengan rutin merupakan cara menghilangkan karang gigi secara alami. Kunyah segenggam biji wijen selama 7 menit, kemudian gunakan sebagai scrub alami bagi plak gigi. Anda juga dapat menggunakan sikat gigi agar lebih mudah melakukannya.

5. Buah Tomat

Oleskan irisan tomat pada plak gigi, biarkan selama 5 menit. Berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan baking soda. Cara ini juga mampu membunuh bakteri dalam mulut.

6. Biji Asam Kawak

Bubuk biji asam kawak disebuh bersama air hangat. Gunakan larutan alami ini sebagai pasta gigi. Scrub ini mampu untuk menggerus karang gigi sehingga cepat hilang.

7. Kulit Buah Apel

Cukup dengan makan buah apel tanpa mengupas kulitnya dapat membersihkan karang gigi secara berangsur-angsur. Di samping itu, antioksidan dalam apel juga baik untuk menjaga kecantikan kulit anda.

8. Batu Merah

Bubuk batu merah dapat digosokkan pada karang gigi sebagai scrub. Lakukan perawatan ini dengan hati-hati sebanyak tiga kali dalam sehari.

9. Gunakan Soda kue

Untuk menghilangkan karang gigi yang membandel, anda dapat menggunakan soda kue. Campur 1 sdm soda kue dengan sedikit garam. Cukup gunakan campuran ini sebagai scrub gigi. Cara tradisional ini sangat efektif untuk menghilangkan karang gigi yang mengeras.

10. Gel lidah buaya dan gliserin

Caranya dengan mencampur ½ cangkir soda kue dengan 1 sdt gel lidah buaya, 4 sdt gliserin, dan 10 tetes minyak lemon. Simpan larutan ini ke dalam wadah yang rapat. Gunakan sebagai scrub gigi ini dengan rutin setiap hari.

Demikian 10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Rasa Ngilu. Bagaimana pun, kesehatan gigi perlu mendapatkan perhatian khusus. Simak artikel lainnya: 6 Cara Cepat Menghilangkan Noda Putih Di Lidah. Banyak orang mengeluh dengan plak gigi dan masalah gigi lainnya. Jadi, sebaiknya mencegah pembentukan karang sebelum merusak gigi anda. Semoga bermanfaat bagi semua.

foto via tumblr.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ngilu"

Posting Komentar