7 Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh Yang Paling Penting

Manfaat asam folat bagi tubuh cukup signifikan. Asam folat adalah salah satu vitamin essensial yang dibutuhkan untuk menunjang berbagai fungsi organ penting di dalam tubuh. Organ dalam yang memerlukan asupan vitamin ini seperti ginjal, usus, hati, dan otak. Kebutuhan asam folat ini harus dicukupi melalui asupan beberapa jenis makanan. Kekurangan vitamin dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

asam-folat
Penyebab Defisiensi Asam Folat

Setiap orang memiliki risiko mengalami kekurangan asam folat. Namun, banyak orang tidak mengetahui kondisi ini terjadi dalam tubuh mereka. Defisiensi asam folat tidak hanya disebabkan oleh asupan yang terlalu sedikit, namun beberapa faktor dapat memicu gangguan ini. Penyebab kekurangan asam folat seperti berikut ini:

Penyakit Tertentu

Defisiensi asam folat juga dapat disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak sanggup untuk menyerap vitamin ini dari makanan. Kondisi ini dipicu oleh sejumlah penyakit yang mengganggu metabolisme dan saluran pencernaan, sehingga terjadi kekurangan folat. Beberapa jenis penyakit yang dapat mengganggu proses penyerapan asam folat seperti penyakit chorn dan penyakit celiac.

Diet yang salah

Asam folat merupakan vitamin yang larut dalam air. Sehingga tubuh harus menyerapnya dari makanan yang dikonsumsi. Asam folat yang berlebih di dalam tubuh akan dibuang bersama urin. Metode diet yang salah seperti menu harian yang sedikit mengandung buah dan sayuran. Pola makan yang salah ini dapat menyebabkan kekurangan asam folat.


7 Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh Yang Paling Penting


Keberadaan asam folat dalam tubuh akan mencegah berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya. Beberapa manfaat asam folat bagi kesehatan antara lain seperti berikut ini:

1. Menyehatkan bagi jantung


Kemampuan asam folat untuk mengurangi kadar homocistein dalam darah, bermanfaat untuk menekan risiko penyakit jantung.

2. Mencegah Anemia

Asam folat bermanfaat untuk mencegah dan menangani sejumlah masalah kesehatan akibat jumlah folat yang terlalu sedikit di dalam darah. Kadar folat yang tidak memadai dapat menimbulkan anemia.

3. Menjaga fungsi ginjal dan hati

Adanya asam folat dalam tubuh akan mencegah berbagai gangguan pada organ penting, seperti hepatitis, gagal ginjal, dan gangguan aditif terhadap minuman yang tidak menyehatkan.

4. Menyehatkan bagi Usus

Asam folat membantu fungsi usus dalam proses penyerapan nutrisi dari makanan untuk tubuh.

5. Baik untuk Ibu hamil dan janin

Asam folat sangat dibutuhkan oleh wanita hamil dan janinnya. Asam folat bermanfaat untuk mencegah risiko cacat tulang belakang dan otak pada janin. Sedangkan asam folat bagi wanita hamil berguna untuk mencegah cacat lahir.

6. Mencegah Penyakit Degenerasi

Asam folat sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai gangguan otak akibat faktor usia, seperti Alzheimer. Vitamin ini juga efektif dalam mencegah masalah akibat penuaan seperti katarak, nyeri saraf, oesteoporosis, insomnia dan depresi.

7. Mencegah Beberapa jenis Kanker

Asam folat ternyata juga efektif dalam mencegah kanker leher rahim dan kanker usus besar.

Dampak Kekurangan Asam Folat

Kekurangan asam folat dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Kadar folat yang kurang memadai dalam tubuh, dapat menyebabkan produksi sel darah merah kurang dari semestinya. Kondisi ini sering disebut dengan anemia.

Penyakit anemia akan mengganggu distribusi oksigen ke semua organ tubuh, sehingga mengakibatkan gangguan fungsi tubuh. Anemia sering ditandai dengan kelelahan, keletihan, lesu, diare, kulit nampak pucat, mual, emosi yang tidak stabil, dan kurang bersemangat.

Itulah 7 manfaat asam folat bagi tubuh kita. Cukupi kebutuhan asam folat harian, dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini.  Dengan asupan vitamin yang memadai, maka fungsi organ akan berjalan dengan baik dan kinerjanya menjadi optimal. Simak juga 13 Manfaat Omega 3 Dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan. Salah satu kunci hidup sehat  adalah mengkonsumsi nutrisi dan gizi yang seimbang dan olahraga teratur, sehingga tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan awet muda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh Yang Paling Penting"

Posting Komentar