10 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Istilah probiotik sering terdengar oleh telinga kita. Apakah sebenarnya probiotik? Apa manfaat probiotik bagi tubuh kita? Tak terhitung berapa jumlah mikroorganisme di alam ini, di antaranya termasuk bakteri. Nah, Probiotik merupakan bakteri baik yang terdapat dalam saluran cerna, yang sangat memegang peranan penting dalam kesehatan sistem pencernaan.

Umumnya bakteri bersifat merugikan bagi tubuh. Nah, probiotik adalah bakteri yang menguntungkan bagi tubuh khususnya usus. Probiotik melawan pertumbuhan bakteri patogen dalam usus. Bayangkan, bagaimana jadinya usus kita tanpa adanya probiotik?

Makanan yang mengandung probiotik

Bakteri baik atau probiotik dapat diperoleh dari produk susu seperti yogurt yang pada labelnya dicantumkan. Sumber probiotik secara alami terdapat pada makanan hasil fermentasi termasuk susu fermentasi, buttermilk, keju cottage, asinan kubis, kecap, miso, kimchi, tempe, dan nata de coco. Susu segar juga menyediakan bakteri probiotik, asalkan tidak dipanaskan dalam suhu terlalu tinggi.


10 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Kita


Setelah mengetahui sumber probiotik, inilah beberapa manfaat bakteri probiotik bagi tubuh anda:

1. Membersihkan usus


Kotoran yang mengendap pada saluran usus dapat membusuk dan menjadi sasaran bagi bakteri penyebab penyakit. Peran probiotik adalah membunuh bakteri jahat ini.

2. Mengurangi efek antibiotik

Antibiotik tidak hanya membunuh bakteri berbahaya, tapi bakteri baik kadang ikut terbunuh. Efek samping dari situasi ini adalah kram, sering buang angin, dan diare. Nah, adanya probiotik berguna untuk menjaga keseimbangan dengan cara mengurangi efek antibiotik.

3. Menguatkan imunitas tubuh

Probiotik sering digunakan untuk melawan sindrom kelelahan kronis dan alergi, disebabkan efektifitasnya untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Baca: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh.

4. Membantu penyerapan gizi makanan

Hidrokarbon bertindak untuk memecahkan molekul makanan menjadi unsur sederhana, supaya tubuh mencerna dan menyerapnya dengan mudah. Nah, probiotik berperan untuk memecah hidrokarbon. Semua nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, seperti vitamin, protein, dan kalsium menjadi mudah diserap oleh tubuh.

5. Mencegah gejala eksim

Probiotik ternyata mampu untuk mengobati eksim yang menyerang anak-anak. Namun pada orang dewasa, efektifitas ini tidak berlaku.

6. Meningkatkan kesehatan wanita

Probiotik bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan wanita secara menyeluruh. Berbagai masalah wanita dapat dicegah dengan probiotik, seperti kandidiasis, infeksi jamur, dan lainnya.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Probiotik sangat berguna untuk mengobati berbagai jenis gangguan pada saluran cerna seperti konstipasi, diare, iritasi usus, dan sindrom iritasi usus.

8. Mengatasi Masalah Mulut

Penelitian yang diadakan di Spanyol, mengungkapkan bahwa probiotik sangat efektif untuk mengatasi masalah mulut, gigi berlubang, seperti radang gusi, dan bau mulut.

9. Mencegah peradangan pada usus

Probiotik juga bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi berbagai macam peradangan, terutama pada usus.

10. Mengurangi alergi terhadap laktosa

Bakteri dalam probiotik bertindak untuk mengubah laktosa menjadi asam laktat. Bagi penderita intoleransi laktosa, kemampuan probiotik ini berguna untuk menormalkan  sistem pencernaan mereka. Sehingga mencegah alergi terhadap produk yang mengandung laktosa, seperti olahan susu.


Tips Memilih Suplemen Probiotik


Jika anda menggunakan suplemen probiotik, pilih produk yang tertera label "memiliki jenis aktif yang hidup". Ikuti semua petunjuk yang tertera pada label, termasuk suhu dan waktu penyimpanan. Bagaimana pun, probiotik yang berasal dari makanan alami lebih baik daripada suplemen.

Perhatian:

Sebelum mengkonsumsi suplemen probiotik, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mencegah efek samping yang mungkin timbul.
Sebagian orang mengalami alergi terhadap probiotik tertentu misalnya lactobacillus. Hindari mengkonsumsi probiotik seperti yogurt dengan berlebihan.

Demikian ulasan mengenai Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh. Meskipun tidak ada batasan dosis harian, sebaiknya selalu proporsional untuk mengkonsumsinya. Baca juga: 13 Manfaat Yoghurt Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan. Dengan diet sehat yang mengandung nutrisi seimbang, sebenarnya kebutuhan probiotik telah memadai untuk tubuh kita.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Probiotik Bagi Kesehatan Tubuh Kita"

Posting Komentar