13 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat biji bunga matahari ternyata memang cukup fenomenal. Kwaci bunga matahari memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan. Mulai dari masalah tulang hingga jantung, dapat diatasi oleh sejumlah zat aktif dan nutrisi dalam biji bunga matahari. Bukan hanya sebagai cemilan lezat, kwaci ini juga berguna untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut.

13 Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Pengobatan dan Kecantikan
Nama latin dari bunga matahari adalah Helianthus annuus L. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tanah yang memiliki kelembaban tinggi dan banyak cahaya, idealnya di daerah pegunungan. Bunganya berbentuk bulat, dengan warna kuning yang dominan. Kelopak bunga tengadah di siang hari, dan menunduk di malam hari. Bijinya berwarna hitam atau hijau keabu-abuan.

Fakta gizi dalam biji bunga matahari

Sejumlah nutrisi penting terdapat di dalam tanaman hias ini. Bunga matahari mengandung helianthoside A-B-C (Sebuah glikosida steroid tertentu), quercimeritrin, asam oleanolat, dan asam echinocysat.

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, folat, zinc, vitamin B1 (Thiamin), magnesium, mangan, tembaga, fosfor, selenium, niacin, vitamin B5 (Pantothenic), prostagladi E, asam chlorogenic, asam quinat, 3-4 benzopyrine, tryptophan, dan beta sitosterol.

Kwaci bunga matahari juga mengandung lemak jenuh dan tak jenuh, biji ini tidak mengandung kolesterol.


13 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Bukan hanya indah untuk menghiasi taman, biji bunga matahari ternyata memiliki kontribusi besar di dunia kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat kwaci bagi kesehatan kita? Berikut ini adalah manfaat biji bunga matahari bagi kesehatan dan kecantikan:

1. Melawan Kanker

Biji bunga matahari diperkaya dengan selenium, yang berlimpah di dalamnya. Ada korelasi yang kuat antara selenium dan kanker. Selenium efektif dalam perbaikan DNA dan sel yang rusak.

Adanya glutation peroksidase, mampu bertindak untuk mencegah kanker. Enzim ini digunakan oleh hati untuk detoksifikasi zat berbahaya. Vitamin E dan selenium dalam biji ini dapat mencegah risiko kanker kolon, usus besar, kandung kemih dan prostat.

2. Menyehatkan Jantung


Biji bunga matahari mengandung vitamin E yang berlimpah, yang baik untuk menjaga sistem kardiovaskular. Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu menangkal oksidasi kolesterol akibat radikal bebas. Kolesterol yang teroksidasi akan menempel di dinding pembuluh darah dan mengakibatkan aterosklerosis. Kondisi ini menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung, dan stroke. Cukup dengan ¼ cangkir biji bunga matahari, akan memenuhi sekitar 90% kebutuhan vitamin E harian.

3. Menguatkan Tulang

Biji bunga matahari dilengkapi dengan beberapa mineral penting seperti magnesium, fosfor, dan kalsium. Semua mineral ini dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan hipertensi, migrain, dan kelelahan.

4. Mencegah Diabetes

Asam klorogenat dalam biji bunga matahari ternyata mampu mengontrol pemecahan glikogen di dalam hati, sehingga mengurangi kadar gula dalam darah. Bagi penderita diabetes, kwaci merupakan pilihan tepat sebagai cemilan sehat.

5. Membentuk otot yang sehat

Biji bunga matahari baik untuk pembentukan dan pertumbuhan otot yang sehat. Hal ini disebabkan oleh protein yang berlimpah dalam biji ini. Tiap 100 gram bijinya menyediakan sekitar 21gr protein, atau memenuhi 37 persen kebutuhan protein setiap harinya.

6. Menyehatkan Otak

Folat yang ada dalam kwaci bunga matahari merupakan nutrisi yang baik untuk otak, sehingga memastikan fungsi otak dapat bekerja dengan optimal.

7. Menjaga fungsi saraf

Vitamin B1 yang ada pada biji bunga matahari berperan untuk menguatkan lapisan myelin saraf, yang fungsinya melindungi saraf.

8. Mencegah Stres

Biji bunga matahari diperkaya dengan asam amino yang disebut tryptophan. Asam amino ini berguna untuk produksi serotonin, yaitu neurotransmitter yang penting. Adanya tryptophan dalam biji ini, akan memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak.


Manfaat Bunga Matahari Bagi kecantikan Kulit dan Rambut


9. Mencegah penuaan dini

Vitamin E dalam biji bunga matahari berguna untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, yang dapat merusak sel kulit dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti flek hitam. Baca: 10 Cara Alami Untuk Mengatasi Penuaan Dini.


13 Manfaat Biji Bunga Matahari bagi Pengobatan dan Kecantikan
10. Melebatkan Rambut

Biji bunga matahari menyediakan 5,25 mg zat besi dan 5 mg zinc per 100 gram bahan. Jumlah tinggi dari kedua mineral penting ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan rambut, dan membuat rambut anda menjadi lebih subur.


Ramuan herbal menggunakan bunga matahari


Untuk pengobatan penyakit, biji tanaman ini sering digunakan untuk mengobati disentri dan campak. Daunnya digunakan untuk mengatasi peradangan, analgesik, dan anti-malaria. Sedangkan sumsum batangnya berkhasiat untuk mengobati liver dan meningkatkan energi tubuh. Berikut ini beberapa ramuan alami dengan bunga matahari untuk pengobatan:

11. Mengobati Rematik

Untuk mengurangi nyeri akibat reumatik, rebus bunga matahari hingga layu. Tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit.

12. Meredakan sakit kepala

Untuk mengobati sakit kepala, rebus sekuntum bunga matahari bersama dua gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa segelas saja, kemudian minum ramuan ini di pagi dan malam hari.

13. Mengobati Mastitis

Untuk mengobati peradangan yang sering diderita oleh wanita, gunakan bunga matahari. Caranya, jemur bunga matahari hingga mengering. Setelah bunga menjadi kering, sangrai dan giling hingga menjadi tepung. Ambil 15 gram tepung ini, tambahkan sedikit gula merah dan air hangat. Minum ramuan tradisional ini, 3 kali dalam sehari.

Masih banyak khasiat bunga matahari lainnya, seperti mengurangi sesak nafas, mencegah kembung, maag, beri-beri, disentri, malaria, hernia, dan keputihan. Cara membuatnya hampir sama, cukup dengan minum air rebusan dari biji dan bunga matahari. Simak juga: 9 Cara Membuat Masker Alami Untuk Kecantikan.

Nah, itulah 13 manfaat biji bunga matahari untuk kesehatan dan kecantikan. Silahkan menanamnya di kebun anda. Tentunya, anda dapat menikmati keindahan bunga ini, dan mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan yang tidak ternilai.

ilustrasi foto: gallsource.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Manfaat Biji Bunga Matahari Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Posting Komentar