11 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan

Mungkin anda bertanya saat menuangkan air di atas daun talas, maka air tersebut tidak pernah meresap atau membasahi daunnya? Simpan saja pertanyaan itu, karena kita tidak akan membahasnya pada artikel kali ini. Tahukah anda, talas sering digunakan sebagai bahan pudding oleh orang Cina? Fakta yang lebih mengejutkan bahwa daun talas memiliki gizi yang setara dengan bayam.

11 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan
Ubi talas kaya akan vitamin dan mineral penting, sehingga layak untuk dijadikan sebagai makanan. Tentunya nutrisi dalam talas memberikan kontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan. Berbagai manfaat talas untuk pengobatan antara lain sebagai obat alami bagi penyakit radang kelenjar limfa, hipertensi, radang ginjal, bahkan kanker.

Daun talas sering juga disebut lompong, nama ilmiahnya adalah colocasia esculenta. Tanaman tales masih tergolong ke dalam keluarga araceae. Ukuran umbinya tidak jauh dari lobak, dengan kulit luarnya berwarna coklat dan dagingnya putih agak kekuningan sesuai jenis kultivar.

Kandungan gizi dalam talas

Ubi tales mengandung vitamin C dan karoten. Selain itu, tanaman ini juga dilengkapi dengan sederet nutrisi penting seperti zat besi, asam askorbat, niacin, fosfor, riboflavin, tiamin, zinc, mangan, natrium, potassium, tembaga, vitamin C, Vitamin B1, piridoksin, dan serat.


11 Manfaat Ubi Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan


Daun talas telah digunakan sebagai obat tradisional sejak jaman keraton. Mulai dari penyakit asma, maag, gangguan bronchial, dan eksim, dapat diobati dengan menggunakan ramuan daun talas. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan talas dan cara membuat ramuan dengannya:

1. Mencegah diabetes

Ubi talas kaya akan serat yang berguna untuk mengontrol kadar glikemik, sehingga mencegah risiko diabetes. Baca juga: 7 cara mengobati kencing manis dengan bahan alami.

2. Sebagai sumber energi

Karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam ubi talas merupakan sumber kalori, yang dapat diubah menjadi energi oleh tubuh kita. Jadi, dapat digunakan sebagai makanan pokok selain nasi.

3. Baik untuk penglihatan

Umbi talas mengandung cryptoxanthin dan betakaroten, dimana keduanya merupakan antioksidan kuat. Antioksidan ini mencegah radikal bebas yang dapat memicu katarak atau degenerasi macula. Perlu dibaca: 6 cara alami mengobati katarak dan mata minus.

4. Mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi


Ubi talas mengandung kalium dalam jumlah tinggi, yang membantu untuk distribusi cairan sehat ke seluruh jaringan tubuh. Ini artinya, tekanan pada pembuluh darah dapat dikurangi sehingga jantung lebih sehat.

5. Melawan kanker

Ubi talas memiliki sifat antioksidan yang berasal dari vitamin C, betakaroten, dan za fenolik lainnya. Antioksidan ini berguna untuk menagkal radikal bebas penyebab kanker. Zat lain yang tersimpan di dalamnya termasuk cryptoxanthin, yang mampu melawan aktivitas kanker mulut dan paru-paru.

6. Mengurangi nyeri otot dan sendi

Gaya hidup tidak sehat, termasuk pola makan yang tidak benar dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah nyeri pada sendi dan otot. Atasi dengan cara tradisional, tumbuk umbi tales kemudian haluskan dengan blender. Tambahkan 2 sdt minyak wijen dan cuka beras putih, aduk hingga merata. Balurkan pada otot yang terasa sakit.

7. Menghentikan diare

Alangkah capai dan tersiksa ketika anda harus pergi ke toilet berulang-ulang dalam sehari, karena diare. Untuk menghentikan gangguan ini, potong-potong batang tales dan patikan kebo masing-masing 30 gram. Panaskan 3 gelas air dengan api kecil, masukkan bahan yang telah disiapkan ke dalamnya. Biarkan airnya tertinggal segelas saja, minum di pagi dan petang.

8. Mengatasi radang ginjal

Pertama, kupas 500 gram ubi talas kemudian cuci dengan air dan jemur di bawah cahaya matahari. Setelah kering, disangrai kemudian tumbuk sampai berubah menjadi bubuk. Ambil 2 sdm bubuk talas, seduh bersama segelas air hangat. Tambahkan gula aren, aduk sampai rata kemudian minum 2 kali dalam sehari.

9. Atasi biduran

Alergi terhadap udang rebus atau makanan laut lainnya, sering menyebabkan biduran. Nah, ada solusi terbaik untuk menanganinya. Siapkan 50 gram akar tales dan 150 gram iga sapi, cuci dengan air mengalir. Kukus keduanya selama 120 menit, kemudian tunggu sampai airnya dingin. Minum airnya, makan daging sapi tersebut.

10. Obati disentri

Untuk mengatasi gejala disentri, panaskan 500 ml air kemudian masukkan 20 gram akar talas ke dalamnya. Tambahkan gula aren, tunggu sampai airnya menyusut 250 ml. Minum saat airnya masih hangat.


Manfaat Ubi Talas Untuk Kecantikan


11. Mencegah penuaan dini

Umbi tales diperkaya dengan vitamin E dan betakaroten, dimana kedua vitamin ini berperan dalam regenerasi sel-sel kulit dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Menarik: 10 cara alami untuk mengatasi penuaan dini.

Peringatan

Ubi talas mengandung asam oksalat, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita rematik, asam urat, dan gangguan ginjal. Jika penderita penyakit tersebut tetap mengkonsumsinya, dapat menyebabkan penyakitnya lebih parah.

Nah, itulah 11 manfaat talas untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Anda dapat menyantap ubi ini dengan berbagai cara penyajian, direbus atau dalam bentuk keripik.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Manfaat Talas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yang Menakjubkan"

Posting Komentar